Blogpress.id – Token Listrik Gagal Terus: Begini Cara Mengatasinya – Saat ini masyarakat kita sudah menggunakan listrik. Terdapat dua metode penggunaan, yang pertama dengan memakai meteran, dan yang kedua dengan menggunakan token. Nah kalau kita lakukan perbandingan lebih banyak yang menggunakan token.
Jika kamu termasuk salah satu penggunanya, mungkin pernah mengalami masalah token listrik gagal terus saat diisi? Nah jika mengalami permasalahan tersebut, apa yang kamu lakukan? Kalau masih bingung, tenang saja, kami akan bahas bagaimana cara mengatasi token listrik gagal terus yang bisa kamu coba.
Alasan Token Listrik Gagal
Ketika akan melakukan pengian token, kamu akan mendapatkan kode token dengan jumah digit yang cukup banyak. Yang mana, digit tersebut harus kamu masukkan ke dalam perangkat yang sudah terpasag dengan baik dan benar.
Dalam hal ini kamu harus memasukkan kode-kode tersebut dengan baik dan benar. Tidak boleh ada satu digit pun yang salah. Hal ini agar nantinya token yang sudah kamu pilih bisa digunakan. Adapun nominal token yang bisa kamu isi tentu beragam.
Tapi biasanya minimal pembelian adalah di angka Rp25.000. Kabar baiknya lagi, pembelian token listrik bisa kamu lakukan di berbagai macam tempat. Bahkan saat ini sudah banyak juga layanan-layanan online yang menyediakan token listrik.
Misalnya adalah aplikasi shopee. Oke bagi kamu yang mungkin belum tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan berupa token listrik gagal terus bisa langsung simak penjelasannya berikut
Pada dasarnya terdapat beberapa alasan ataupun penyebab kenapa token listrik bisa gagal. Yang pertama ialah terjadinya kesalahan ketika kamu sedang memasukkan token listrik yang sudah kamu dapatkan.
Karena memang kode Token itu banyak banget jumlah digitnya. Kemudian ditambah lagi dengan tombol keyboardnya yang super kecil. Sehingga kemungkinan besar bisa saja terjadi kesalahan saat menginput kode tersebut. Oleh karena itu Usahakan untuk memasukkan semua kodenya dengan baik dan teliti.
Karena apabila terjadi kesalahan satu angka saja maka bakalan terjadi kegagalan. Kalau misalnya Kamu ngerasa sudah salah ke input maka tinggal gunakan saja tombol untuk menghapus dan menggantinya dengan kode yang benar.
Kemudian sistem meter prabayar sedang dalam masa pembaharuan ataupun update. Alasan yang lainnya bisa saja karena terjadi kesalahan teknis instalasi yang mana ini bakalan dibuktikan dengan adanya keterangan periksa pada layar meteran PLN.
Penyebab yang lainnya ialah permohonan dari pelanggan yang memang belum terselesaikan. Misalnya nih kamu melakukan permohonan untuk mengubah daya supaya proses permohonannya selesai terlebih dahulu.
Dengan Mereset Meteran PLN
Adapun cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada ialah dengan mereset meteran tersebut. Kalau misalnya dalam proses pengisian token listrik gagal terus padahal kamu sudah mengetik semua digitnya dengan baik dan benar maka kamu bisa melakukan kegiatan reset dulu.
Dan gak usah khawatir karena ini bukanlah permasalahan yang serius. Oke sekarang kita langsung ke tahapannya saja. Silakan tekan tombol 00 dan juga enter buat melakukan kegiatan reset meteran tersebut.
Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan lakukan kegiatan menekan tombol yang isinya adalah token-token yang sudah kamu miliki.
Karena memang jumlah digit ini sangat banyak pastikan kamu memasukkan dengan baik tanpa adanya kesalahan walaupun satu digit. Kalau misalnya sudah selesai menyimpan atau memasukkan kodenya sekarang kamu bisa enter dan tunggu hingga beberapa saat.
Biasanya dengan melakukan tahapan ini maka token listrik kamu bakalan terisi secara otomatis. Yaitu sesuai dengan nominal yang sudah kamu beli.
Melaporkannya ke Sambungan Telepon PLN
Cara mengatasi token listrik gagal terus padahal kamu sudah menginput kodenya dengan baik dan benar maka kamu bisa langsung laporkan saja ke layanan yang ditawarkan oleh pihak PLN. Dan cara ini termasuk cara yang cukup mudah dan bisa kamu lakukan dalam waktu yang sangat singkat.
Adapun tahapan-tahapannya yaitu dengan cara membuka menu ataupun aplikasi telepon yang ada pada perangkat. Kemudian kamu bisa memasukkan kode telepon daerah atau milik PLN yaitu 123. Selanjutnya tinggal tunggu aja nadanya berdering dan pilih menu buat melakukan pengaduan layanan.
Berikutnya kamu dapat menyampaikan kepada pihak petugas kalau misalnya token listrik kamu gagal masuk padahal sudah menginput semua kodenya dengan baik dan benar. Dengan demikian maka pihak petugas bakalan melakukan pemeriksaan data yang sudah tercatat di dalamnya.
Kemudian mereka akan memberikan arahan untuk melakukan pemeriksaan sampai beberapa hari. Lalu catat nomor laporan sebagai bukti pengaduan pelangganan.
Tahapan selanjutnya kamu bisa memberikan nomor rumah ataupun nomor HP yang aktif kepada petugas supaya mereka bisa menghubungi kamu kembali untuk melakukan pengecekan. Kemudian pihak petugas bakalan menghubungi kembali kalau misalnya laporan kamu sudah diproses ataupun masalahnya sedang dalam pengembangan pihak petugas teknis.
Melaporkannya Lewat Aplikasi PLN Mobile
Dan yang menariknya lagi ternyata kamu juga bisa mengatasi permasalahan token listrik gagal terus dengan cara melaporkannya lewat aplikasi PLN mobile. Dalam hal ini kamu bisa langsung mendownload dulu aplikasi PLN mobile-nya lewat Google Play Store ataupun App Store.
Setelah selesai mendownload maka kamu bisa buka aplikasi tersebut dan buka bagian menu pengaduan. Lanjutkan dengan memilih permasalahan KWH meter pasca prabayar dan prabayar. Lalu tinggal pilih ID pelanggan yang sudah terdaftar.
Kalau misalnya lokasinya sudah selesai maka kamu bisa klik kirim pengaduan dan pihak petugasnya bakalan datang ke rumah kamu setelah adanya laporan yang masuk ke dalam sistem mereka.
Dengan Langsung ke Kantor
Apabila kamu merasa kalau misalnya layanan-layanan di atas masih kurang cepat tanggap maka kamu bisa langsung saja mendatangi kantor PLN yang terdekat dengan sekitar rumah. Karena nggak bisa kita pungkiri bahwasanya Kantor PLN ini cukup Gampang kok buat ditemukan.
Kamu bisa datang ke kantor mereka Yang biasanya beroperasional dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 8 sampai dengan 5 sore.
Ketika sudah sampai ke kantor PLN maka kamu dapat Menyampaikan keluhan yang tengah kamu alami yaitu token listrik gagal terus. Dan nantinya pihak PLN akan memberikan solusi yang terbaik yang akan membantu.
Penutup
Jadi dapat kita simpulkan bahwasanya terdapat beberapa alasan ataupun penyebab kenapa token listrik gagal terus. Kalau misalnya Kamu ngerasa bahwasanya kode yang dimasukkan sudah benar namun tetap gagal maka kamu bisa melakukan beberapa cara-cara mengatasi yang sudah kami bahas di atas.
Namun alangkah baiknya jika kamu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap digit angka yang sudah kamu masukkan. Apabila memang sudah benar semua tapi masih tetap gagal barulah kamu bisa melakukan tahapan-tahapan di atas. Oke demikian penjelasan kami kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.