Istilah Refund dalam Belanja Online

  • Anita Apprilia
  • Agu 04, 2023
Istilah Refund dalam Belanja Online

Istilah Refund dalam Belanja Online – Ada yang pernah mendengar istilah refund? Mungkin pernah lah ya. Untuk anda yang sering, dan suka banget belanja online pasti sering deh denger istilah ini.

Yang mana, ia memang menjadi salah satu istilah yang bener bener familiar di dunia bisnis online, atau di dunia belanja online. Oke, yang menjadi pertanyaannya adalah, apa sebenarnya pengertian dari istilah refund ini, atau, apa sih refund itu sendiri?

Untuk Anda yang mungkin belum pernah belanja online dan Pengen tahu Apa pengertian refund, bisa langsung saja simak penjelasan kali ini.

Pengertian Istilah Refund

Jika kita Artikan secara umum maka Revan mempunyai makna yang mana pihak penjual mengeluarkan pengembalian dana atau pengembalian uang kepada pihak pembeli yang notabenenya ngerasa kurang puas dengan barang ataupun jasa yang sudah dibeli. 

Kemudian secara garis besar pengertian relevan ialah pengembalian dana secara penuh ataupun sejumlah dengan prosesi transaksi jual beli yang sudah dilakukan dengan kesepakatan antara pihak penjual dengan pihak pembeli. Dan nantinya pihak pembeli akan melakukan klaim ketika mereka sudah memenuhi beberapa Ketentuan dan juga syarat yang sudah disediakan.

Kenapa ada dasarnya memang terdapat syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak penjual kepada para pembeli ketika nanti mereka pengen melakukan refund. Dan kalau di tanah air sendiri proses refund ini bakalan dilakukan dengan menggunakan internet atau dengan menggunakan media digital. Inilah alasan kenapa refund erat kaitannya dengan proses jual beli online.

Ketika anda berbelanja di berbagai macam marketplace yang ada, biasanya pihak penjual akan memberikan syarat dan ketentuan refund pada barang-barang yang mereka jual, atau diberikan keterangan juga di bagian tokonya.

Maka dari itu ketika anda akan melakukan pembelian barang kemudian takut barang tersebut kurang sesuai ekspektasi, anda meski memperhatikan dengan baik syarat dan ketentuan pengembalian Dana yang sudah ditetapkan oleh pihak penjual.

Sehingga nantinya ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan Anda bisa langsung melakukan klaim pengembalian dana. Namun jika anda tidak memperhatikan syarat dan ketentuan yang sudah ada kemudian Anda pengen klaim pengembalian dana tentu pihak toko mempunyai hak untuk menolak klaim tersebut.

Pada umumnya transaksi seperti ini memang menjadi hal yang sangat umum, dan biasanya pengembalian dananya Nggak semuanya bisa dilakukan secara penuh, tergantung dengan kondisi barang ataupun kebijakan yang sudah ada. Dan nggak bisa dipungkiri kalau ternyata proses pengembalian dana akan membutuhkan prosedur yang agak ribet dan waktu yang cukup lama. 

Dari pengertian refund tersebut  bisa kita katakan bahwasanya Revan ini merupakan jaminan yang ditawarkan oleh pihak penjual kepada para pembeli mereka saat ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kesepakatan di dalam proses transaksi yang sudah dilakukan.

Dan biasanya hal ini akan terjadi dikarenakan oleh berbagai macam faktor, mulai dari barang yang kondisinya cacat, kemudian kondisi barang yang gak sesuai dengan deskripsi yang ada, request dari pembeli tidak dihiraukan, salah barang, kemudian barangnya yang ternyata rusak hanya dalam sehari penggunaan, dan berbagai macam faktor-faktor yang lainnya. 

Dan inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari transaksi online. Karena nggak bisa dipungkiri bahwasanya di antara segudang keunggulan-keunggulan transaksi online atau proses jual beli online, tentu masih ada beberapa kekurangan dari transaksi tersebut. 

Dan kekurangan yang paling umum tentu memungkinkan para pengguna untuk berbelanja tanpa harus ke toko dan melihat barang secara fisik sehingga ada potensi-potensi terjadinya penipuan dalam artian barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Karena pengembalian dana ini bisa kita katakan sebagai jaminan maka bisa kita sebut pula bahwasanya keberadaan dari pengembalian dana merupakan hal yang sangat bermanfaat dari pihak pembeli, dan sebenarnya hal ini juga memberikan dampak yang baik sih Kepada Toko yang menyediakan refund tersebut.

Hal ini karena dengan adanya layanan refund akan membuat pihak penjual bisa membuktikan reputasi dari toko mereka. Dan dari sinilah mereka akan memperoleh kepercayaan dari para pembeli karena sudah berani memberikan jaminan ketika ada barang-barang yang mengalami masalah nantinya.

Jadi sebenarnya keuntungan dari layanan pengembalian dana ini bukan hanya menguntungkan dari sisi pihak pembeli saja, tapi juga menguntungkan dari sisi pihak penjualnya. Akan tetapi jika anda akan melakukan proses refund, Anda harus mengetahui terlebih dahulu prosedur yang ada.

Karena dana tersebut bisa kembali ketika anda mengikuti prosedur yang sudah berlaku. Secara umum ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yang pertama tentu anda bisa membuka aplikasi belanja online yang sudah anda gunakan untuk membeli barang dan barangnya pengen Anda refund atau pengen dikembalikan dananya. 

Entah itu karena memang Barangnya sudah rusak cuma dalam 2 hari penggunaan ataupun yang lainnya. Apabila sudah membuka aplikasi tersebut maka anda bisa pergi ke bagian transaksi pengiriman barang yang berlangsung. Jika sudah Demikian maka anda bakalan ada di halaman transaksi barang dan di sana anda biasanya menemukan dua pilihan. Dalam hal ini tinggal pilih saja yang menu ajukan pengembalian.

Ya Halaman yang berikutnya anda akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan yang ada agar bisa mengajukan pengembalian dana. Mulai dari pertanyaan Apakah anda sudah menerima barangnya ataupun beberapa pertanyaan-pertanyaan yang lain.

Usahakan untuk menjawab pertanyaan sebaik dan sejujur mungkin. Dan ada juga harus bisa mencantumkan alasan kenapa Anda pengen meminta pengembalian dana, dan jangan lupa juga untuk melampirkan foto ataupun video sebagai bukti yang bakalan menguatkan proses pengembalian dana nantinya. 

Sementara untuk tahapan terakhir ialah menunggu tanggapan dari pihak penjual. Biasanya nih pihak aplikasi akan memberikan beberapa hari untuk pihak penjual merespon tanggapan ataupun proses refund yang sudah anda berikan. Dan nantinya kalian bisa berdiskusi terkait dengan pengembalian dana yang akan dilakukan. 

Kalau misalnya nanti ternyata sudah lebih dari 3 hari pihak penjual belum ada merespon, maka nggak usah khawatir karena proses pengembalian dana akan dilanjutkan ke Anda sesuai dengan kebijakan waktu yang sudah berlaku di aplikasi tersebut. 

Nah gimana gimana gampang banget kan proses refund-nya? Cuman mungkin memang ada beberapa orang yang beranggapan kalau misalnya proses pengembalian dana ini memakan waktu, dan cukup ribet juga. Mungkin bisa disesuaikan dengan model aplikasi yang digunakan aja sih.

Jika Anda menggunakan aplikasi shopee ataupun yang sejenisnya mungkin anda cuma akan menemukan kemudahan-kemudahan dalam proses pengembalian dana. Kalaupun ada yang rumit mungkin ya hanya sekedar menunggu waktu balasan dari pihak penjualnya saja. 

Jadi gimana nih udah tahu kan pengertian dari refund itu sendiri? Maka dari itu jika anda menemukan istilah-istilah ini di berbagai macam kesempatan sekarang anda sudah memahami maknanya secara sederhana.

Oke itulah dia pengertian istilah refund yang mesti dipahami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post Terkait :