Diperkirakan hampir 5 miliar orang adalah pengguna internet aktif dan sekitar 4,3 miliar adalah pengguna media sosial. Pertumbuhan semacam ini menjelaskan mengapa internet marketing / pemasaran internet semakin dikembangkan.
Pemasaran internet merupakan cara paling murah untuk menjangkau pasar sasaran Anda terlepas dari ukuran bisnis Anda.
Internet menawarkan manfaat unik yang tidak dapat ditawarkan media pemasaran lain, yang mencakup jangkauan, opsi untuk mempersonalisasi konten, dan peluang untuk membangun hubungan yang luas dengan pelanggan. Tapi, apa sih pemasaran internet itu?
Pengertian
Internet marketing juga dikenal sebagai pemasaran internet, pemasaran elektronik, e-marketing, pemasaran digital, dan online marketing.
Kelimanya adalah istilah yang mencakup semua upaya untuk mempromosikan dan menjual suatu merek/bisnis/produk/jasa melalui internet/media elektornik.
Sejumlah startegi dan taktik pemasaran melalui internet cukup beragam tergantung pada alat apa yang Anda gunakan. Istilah pemasaran internet memang cukup luas, sehingga kerap disandingkan / disamakan dengan istilah “pemasaran konten”.
Banyak orang berpendapat bahwa pemasaran konten merupakan metode pemasaran inovatif yang efisien dan efektif.
Pengertian dari pemasaran konten sendiri adalah pemasaran internet yang berpusat pada pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan, berharga, dan konsisten.
Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang sudah jelas, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli lebih banyak barang dan mendatangkan keuntungan.
Area Khusus Pemasaran Internet
Pemasaran internet berkembang pesat karena lebih banyak orang menggunakan internet setiap hari, dan karena lebih banyak orang membeli barang dan jasa secara online. Meskipun jangkauannya sangat luas, pemasaran internet dapat dipecah menjadi area yang lebih khusus seperti:
- Pemasaran web: mencakup situs web e-niaga, web pemasaran afiliasi, web promosi atau informatif, iklan online di mesin pencari, dan hasil mesin pencari organik melalui pengoptimalan mesin pencari (SEO).
- Email marketing: melibatkan upaya periklanan dan pemasaran promosi melalui pesan email ke pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
- Pemasaran media sosial: melibatkan upaya periklanan dan pemasaran (termasuk pemasaran viral) melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dan sebagainya.
- Pengoptimalan mesin telusur (SEO): melibatkan pengoptimalan halaman arahan dalam situs web Anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung.
Masing-masing dari keempat jenis pemasaran internet ini mencakup banyak strategi dan taktik yang berbeda. Keempat daftar ini juga saling melengkapi dan sering digunakan bersama.
Tujuan Internet Marketing
Inilah beberapa tujuan dari pemasaran internet untuk bisnis:
1. Menarik Pelanggan Baru
Tujuan ini bisa Anda capai dengan berfokus terutama pada desain web, SEO, dan iklan media sosial berbayar. Misalnya, Anda dapat menggunakan testimoni dari pelanggan Facebook untuk di upload ke akun bisnis Instagram Anda dan sebaliknya.
Bisa juga dengan membayar influencer atau selebgram untuk membagikan informasi mengenai produk Anda ke komunitasnya.
Cara ini termasuk cukup ampuh untuk menarik pelanggan baru, tapi sebelumnya Anda perlu melakukan riset untuk mendapatkan influencer atau selebgram yang sudah profesional dan memiliki citra bagus.
2. Menumbuhkan Loyalitas Merek
Selain menarik pelanggan baru, pemasaran internet juga penting untuk mempertahankan pelanggan yang setia dan berjangka panjang.
Anda bisa menggunakan taktik email, blog, atau media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, menumbuhkan komunitas online yang kuat, dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
Misalnya, kirim email yang dipersonalisasi kepada pelanggan sebelumnya untuk mengesankan mereka, kirim voucher diskon berdasarkan apa yang telah mereka beli sebelumnya, atau mengingatkan tentang produk baru yang akan segera Anda publikasikan.
3. Tujuan Lainnya
- Menjual barang, jasa, atau iklan melalui internet.
- Sebagai lapak baru yang bisa diakses 24 jam sehari selama 7 hari seminggu oleh pelanggan.
- Memfasilitasi komunikasi langsung antara bisnis dan konsumen.
- Memungkinkan pemilik/admin bisnis untuk merespon dengan cepat kebutuhan konsumen.
- Mengkomunikasikan pesan dari perusahaan kepada masyarakat (membangun merek).
- Melakukan penelitian dan mengidentifikasi pasar sasaran.
- Menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pemasaran.
Strategi Pemasaran Internet
Ada empat strategi yang dapat Anda terapkan agar pemasaran internet Anda sukses, yaitu:
- Optimalkan kata kunci: teliti kata kunci yang akan ditargetkan agar ditemukan di hasil mesin pencari, dan temukan topik yang sedang diminati audiens sebelum Anda membuat konten.
- Fokus dan komitmen dengan konten (jenis konten apa yang akan Anda buat? Seberapa sering Anda akan memposting? Di mana Anda akan memposting?)
- Buat promosi via web atau media sosial dengan cara yang menyenangkan, seperti kuis, giveaway, survey, dan sebagainya.
- Buat website yang ramah pengguna dan bisa diakses dengan smartphone.
Contoh Internet marketing
Membaca pengertian dan tujuan pemasaran internet tidak cukup untuk benar-benar memahami cara kerjanya. Sebaliknya, Anda harus melihat contoh nyata yang dapat menginspirasi Anda. Enam di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Artikel Blog dan Website
Memposting artikel di blog atau website adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan pemilik bisnis dalam pemasaran internet. Hal ini karena website dan blog adalah platform konten paling ideal yang bisa Anda gunakan untuk memposting banyak konten, artikel, dan gambar, yang semuanya dapat mengarah pada nama bisnis Anda.
2. Media Sosial
Pemasaran via media sosial adalah salah satu contoh pemasaran internet paling efektif di hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.
Pemasaran media sosial mencakup promosi barang dan jasa yang dilakukan di Facebook, Twitter, Instagram, dll. Media sosial kaya dengan pelanggan potensial, yang berarti meningkatkan kesuksesan promosi bisnis Anda.
3. Infografis
Jika Anda ingin menampilkan produk atau jasa Anda dengan cara yang mencolok dan menarik, inforgrafis adalah pilihan yang sempurna.
Jenis konten ini terbukti ampuh menarik banyak pelanggan karena tampilannya yang tidak monoton. Anda bisa memilih ilustrasi unik dan kekinian yang relevan dengan bisnis Anda untuk menjelaskan konsep Anda, atau gunakan grafik, bagan, dan gambar.
4. Tips dan Trik
Jenis konten lain yang tak kalah populer dengan infografis adalah konten berisi tips dan trik. Misalnya bisnis Anda adalah menjual pakaian, maka buatlah contoh OOTD yang sedang happening saat ini atau OOTD untuk pergi ke berbagai acara.
Jika Anda menjual make up, berikan tutorial menggambar alis yang mudah, cara membuat ombre lips, tutorial make up flawless, dsb.
5. Video
Video adalah jenis konten paling hits saat ini. Penyebabnya adalah karena video mudah untuk dikonsumsi, menghibur, dan lebih menyenangkan mendengarkan penjelasan lewat gambar dan suara daripada membaca tulisan panjang.
6. Pemasaran Afiliasi
Jika Anda memiliki anggaran yang lebih untuk operasional bisnis, gunakan pemasaran afiliasi untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Afiliasi pemasaran adalah Anda meminta orang lain untuk mempromosikan dan memasarkan produk Anda, dan setiap kali berhasil melakukan penjualan, orang tersebut akan mendapat komisi dari Anda.
Pemasaran afiliasi memungkinkan pemilik bisnis untuk bersantai sementara afiliasi melakukan promosi dan pemasaran produknya. Pemasaran internet jenis ini juga cukup efektif di Indonesia dan berbagai negara lainnya.
Penggunaan internet meningkat di seluruh dunia setiap hari, dan menjadi alat sangat penting untuk membantu calon klien dan pelanggan menemukan bisnis Anda dengan lebih cepat dan mudah, meskipun bisnis Anda kecil dan lokal.
Karena itu, jika sebelumnya Anda tidak menggunakan internet marketing untuk memasarkan bisnis Anda, mulai sekarang Anda harus menggunakannya.
Baca Juga: