Fungsi Icon Menu Microsoft Word Lengkap!

  • Anita Apprilia
  • Sep 05, 2023
Fungsi Icon Menu Microsoft Word

Fungsi Icon Menu Microsoft Word Lengkap! – Untuk melakukan pengolahan data ataupun kata kita membutuhkan software-software khusus. Yang notabene nya memang dirancang untuk memudahkan pekerjaan tersebut. Nah sejauh ini tampaknya masyarakat dunia lebih suka menggunakan software dari Microsoft.

Yakni yang sering kita kenal dengan sebutan Microsoft Word. Jadi perlu diketahui bahwasanya Microsoft Word ini adalah perangkat lunak pengolahan kata yang ditawarkan oleh pihak Microsoft dan Ia merupakan bagian daripada Microsoft Office. Dan ia dapat digunakan lewat laptop ataupun komputer.

Aplikasi satu ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kata. Mulai dari ketika kita akan menulis teks, kemudian ketika akan mengolah dokumen, bisa juga digunakan untuk mengetik naskah, dan berbagai macam kepentingan-kepentingan yang lainnya.

Dan dia termasuk salah satu aplikasi yang benar-benar recommended buat digunakan oleh siapapun. Terutama oleh para mahasiswa dan juga para pekerja kantoran. Aplikasi ini memang mempunyai segudang keunggulan yang menarik dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi pesaingnya.

Maka dari itu nggak heran kalau misalnya hampir semua orang yang menggunakan laptop ataupun komputer pasti menggunakan program dari Microsoft. Karena ya memang sebagus itu. Apalagi dengan tampilan Microsoft Word mereka yang tergolong sangat sederhana sehingga mudah dipahami.

Kemudian aplikasi ini juga dibekali dengan berbagai macam menu-menu yang menarik. Nah sebagai pengguna yang masih baru Anda pasti menemukan berbagai macam menu-menu utama di bagian atasnya. Dan banyak juga yang belum tahu Apa manfaat dari menu-menu tersebut.

Dan ada juga bakalan menemukan berbagai macam ikon menu di Microsoft Word. Yang biasanya masih menjadi pertanyaan bagi para pengguna newbie. Jika anda juga termasuk salah satu orang yang mempertanyakan fungsi dari icon menu Microsoft Word, bisa sih simak penjelasan berikut.

Fungsi Icon Menu Microsoft Word

Sebagai pengguna Microsoft Word memang akan jauh lebih baik jika kita mengetahui Apa saja fungsi ikon  menu Microsoft Word yang ada di sana. Hal ini akan membantu kita untuk memaksimalkan penggunaan dari masing-masing icon. Karena bagaimanapun masing-masing icon pasti mempunyai fungsi yang berbeda.

Nah saat anda sedang membuka Microsoft Word, Anda bakalan ngelihat beberapa bagian menu di Lembar kerja utama. Dan ini merupakan lembar kerja yang bakalan memungkinkan anda untuk mengelola dokumen sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Dan berikut adalah beberapa fungsi ikon menu Microsoft Word lengkap yang bisa dipahami sebagai para pengguna yang masih pemula.

  • Quick Access Toolbar – Merupakan bilah alat yang terletak pada bagian kiri atas berupa simbol panah drop down, ini berisi sekumpulan perintah icon yang dapat Anda pilih dan sesuaikan untuk fungsi-fungsi tertentu. Quick Access Toolbar memberi Anda akses cepat ke perintah yang umum digunakan seperti Save, Print, Print Preview, Open, New, Undo, Redo, dan lain-lainnya.
  • Control Menu – Umumnya ini merupakan tiga buah perintah yang terletak di bagian kanan atas jendela Microsoft Word. Control menu ini meliputi Minimize untuk menyembunyikan tampilan jendela sementara yang sedang aktif atau berjalan. Maximize digunakan untuk menampilkan jendela Microsoft Word dalam layar penuh atau sebaliknya. Selanjutnya, Close berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Word.
  • Tab Menu –Bagian ini terletak tepat di bawah bilah judul maupun bilah akses cepat. Tab Menu berisi kumpulan menu yang setiap tabnya memiliki grup spesifik dari perintah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas. Tab ini meliputi File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailing, Review, View, dan Help.  
  • Ribbon Tool – Ini merupakan isi dari tab menu. Ribbon Tool termasuk kumpulan ikon yang digunakan dalam berbagai perintah dan fungsi tertentu.
  • Zoom Menu – bagian ini digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word, terletak pada bagian kanan bawah.
  • Title Bar – Ini termasuk bilah judul dan bagian yang berada di tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word untuk menampilkan judul file yang sedang dikerjakan. Untuk file baru yang baru dikerjakan atau belum tersimpan, biasanya akan menampilkan judul “Document”. Sedangkan untuk file yang sudah berhasil Anda simpan, judul akan ditampilkan sesuai nama dokumen yang tersimpan.
  • Scroll Bar – Fungsi ini terletak pada bagian kanan dan bawah lembar kerja Microsoft Word, berperan untuk menggeser lembar kerja baik secara horizontal dan vertikal.
  • Page Status – Bagian page status terletak di bagian bawah, umumnya di pojok kiri bawah lembar kerja Microsoft Word. Ini berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata, serta bahasa yang sedang digunakan.
  • Ruler – Merupakan penggaris yang berperan sebagai pembatas dan mengatur garis margin pada halaman kerja Microsoft Word.
  • Workspace – Merupakan halaman lembar kerja yang digunakan untuk mengetik di Microsoft Word, terletak di bagian tengah aplikasi berwarna putih seperti kertas. Ini adalah tempat Anda mengisi, mengedit, maupun mengatur format teks, paragraf, maupun gambar.
  • File: File merupakan menu bar pertama yang dapat Anda gunakan untuk beberapa perintah dasar, seperti opsi untuk membuat, menyimpan, mencetak, dan opsi pengaturan dokumen lainnya. Di dalam file terdapat beberapa icon berupa new yang bisa digunakan Kalau Anda pengen membuat lembar kerja yang baru. Kemudian ada juga menu open yang dapat digunakan kalau misalnya pengen ngebuka dokumen yang sudah tersimpan, Lalu ada yang info. Icon info ini buat menampilkan informasi tentang dokumen yang sedang anda kerjakan atau sedang anda buka. Kemudian ada juga menu save yang bisa digunakan buat nyimpen dokumen Word, dan ada juga menu save as buat menyimpan dokumen yang baru. Ada print buat nyetak dokumen yang sudah dibuat, dan juga ada share untuk membagikannya ke orang lain atau pengguna yang lain. Dan Nggak cuma itu aja karena masih ada ikon-ikon yang lain kayak export yang bisa digunakan kalau misalnya pengen mengekspor dokumen ke jenis yang lainnya, ada close buat nutup lembar kerja, ada juga account buat membuka informasi tentang akun Anda, sampai dengan feedback dan option.
  • Home: Fungsi icon menu Microsoft Word berikutnya ialah yang home. Yang mana ini isinya juga sangat beragam dan bisa digunakan sesuai dengan fungsi yang sudah ada. Fungsinya kayak menyalin kemudian menempelkan sampai dengan melakukan editing. Clipboard: Termasuk Ribbon Group yang berisi berbagai ikon yang berfungsi umum untuk menyalin, menempel, memindah elemen, dan format painter.
  • Font: Termasuk Ribbon Group yang terdiri atas berbagai ikon untuk mengatur font, mulai dari jenis, ukuran, warna, efek, dan lain-lainnya.
  • Copy – Menyalin atau meng-copy teks atau objek.
  • Paste – Memiliki fungsi untuk menempelkan teks atau objek hasil copy atau cut ke lembar kerja.
  • Cut ­– Memotong untuk memindahkan teks atau objek.
  • Font – Untuk memilih jenis dan gaya font sesuai nama yang telah tersedia.
  • Format Painter – Menyalin format halaman untuk digunakan di halaman lain.
  • Bold – Untuk membuat font tebal pada huruf.
  • Strikethrough – Untuk memberikan efek coretan pada teks.
  • Subscript – Untuk membuat format pangkat berada di bawah.
  • Superscript –Untuk membuat format pangkat berada di atas.
  • Text Effect and Typography – Untuk membuat atau mengubah teks dengan berbagai pilihan efek.
  • Decrease Font Size – Untuk mengurangi atau memperkecil ukuran huruf.
  • Paragraph: Bagian Ribbon yang berisi kumpulan fungsi ikon untuk mengatur penyesuaian paragraf di lembar kerja Word.
  • Font Size – Untuk mengatur ukuran font sesuai ukuran yang Anda inginkan.
  • Font Color – Untuk memberikan maupun mengubah warna pada teks.
  • Find –Icon yang digunakan untuk melakukan pencarian kata tertentu pada sebuah dokumen.
  • Replace – Icon yang digunakan untuk menemukan kata tertentu dan menggantinya dengan kata lain.
  • Select –Icon yang digunakan untuk memilih atau memblok suatu teks dalam dokumen.
  • Change Case – Untuk mengubah dan menyesuaikan penggunaan huruf kapital pada teks.
  • Clear All Formatting – Untuk menghapus format pengaturan yang telah diterapkan pada teks.
  • Increase Font Size – Untuk menambah atau memperbesar ukuran huruf.
  • Bullets – Untuk menambahkan daftar penandaan atau format listing dengan berbagai bentuk pilihan tanda.
  • Numbering – Untuk menambahkan urutan penomoran secara otomatis.
  • Multilevel List – Untuk membuat daftar Multilevel dengan beberapa pilihan gaya penomoran.
  • Align Left – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata kiri.
  • Center Alignment – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata tengah.
  • Italic – Untuk membuat font miring pada huruf.
  • Underline – Untuk memberikan garis bawah pada teks atau huruf.
  • Text Highlight Color – Untuk memberikan semacam efek stabilo berwarna pada teks.
  • Show / Hide – Tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan karakter tersembunyi seperti sasi, penanda, paragraf, atau tanda tab.
  • Style: Ribbon Group yang berisi sekumpulan karakteristik pemformatan yang telah di setting sebelumnya untuk diterapkan ke teks, tabel, dan daftar di lembar kerja dengan mengubah tampilannya dengan cepat.
  • Editing: Ribbon Group yang berisi beberapa fungsi ikon untuk melakukan editing atau membuat perubahan pada teks di sebuah dokumen.
  • Borders – Untuk menambahkangaris tepi / border pada teks yang telah dipilih, seperti Top Border, Left Border, Right Border, All Border, dan lain-lainnya.
  • Decrease Indents – Untuk mengatur penggeseran paragraf ke bagian kiri.
  • Increase Indents – Untuk mengatur penggeseran paragraf ke bagian kanan.
  • Line and Paragraph Spacing – Untuk melakukan pengaturan jarak spasi antara baris dalam sebuah paragraf.
  • Align Right – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata kanan.
  • Justify –Untuk membuat perataan kanan kiri pada teks.
  • Shading – Untuk membuat dan mengubah warna latar belakang pada teks.
  • Sort – Untuk mengatur penyortiran teks atau numerik pada dokumen, seperti mengurutkan tabel, tanggal, paragraf, dan lain-lainnya.

Itu baru beberapa fungsi ikon menu Microsoft word saja loh, karena pada dasarnya masih banyak fungsi-fungsi yang lainnya. Oke demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat. 

Post Terkait :