Blogpress.id – Cara Retur Barang di Lazada Terbaru: Mudah Banget – Lazada adalah salah satu aplikasi marketplace yang terkenal di Indonesia.
Banyak banget masyarakat kita yang menggunakannya untuk berbagai macam keperluan. Dalam hal ini ada yang menggunakan aplikasi Lazada untuk berbelanja, dan tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk mendapatkan cuan.
Yakni dengan cara menjadi penjual online di aplikasi tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak pengguna aplikasi tentu akan berbanding setara dengan semakin banyaknya orang-orang yang tertarik untuk menggunakannya.
Layarnya aplikasi shopee dan marketplace lain, di dalam aplikasi Lazada juga tersedia berbagai macam menu-menu dan fitur-fitur yang bisa kamu temukan. Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak sekali toko online di sana.
Mulai dari tokoh-tokoh yang menjual perlengkapan sekolah kemudian perlengkapan rumah tangga dan berbagai macam toko-toko yang menjual perlengkapan lainnya. Ketika melakukan pembelian secara online tentu akan ada beberapa Resiko yang bakalan kamu temukan.
Mengapa Retur Barang?
Ada banyak alasan orang retur, salah satunya adalah saat barang tidak sesuai ekspektasi. Mungkin di gambarnya sudah sangat bagus, kemudian keterangannya juga spesifik, namun tidak sedikit ternyata barang-barang yang datang justru berbeda jauh dari yang ada di deskripsi dan di gambarnya.
Dan tentu saja jika demikian maka kamu akan mengalami kerugian. Namun tidak perlu khawatir karena aplikasi Lazada sudah menyediakan fitur ataupun layanan pengembalian barang atau yang biasa kita kenal dengan menu retur.
Yang satu ini adalah sebuah layanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengembalian barang ketika barang yang datang tidak sesuai ekspektasi. Hampir semua barang bisa kamu retur namun dengan syarat dan ketentuan yang sudah dijelaskan.
Biasanya syarat dan ketentuan ini dibuat sendiri oleh pihak aplikasi dan juga pihak toko. Inilah Salah satu alasan kenapa kamu sangat dianjurkan untuk melakukan video saat meng-unboxing paket yang sudah kamu terima.
Supaya ketika hasilnya zonk maka kamu dapat langsung melakukan proses retur. Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara retur di Lazada? Buat yang belum tahu simak penjelasan berikut.
Cara Retur Barang di Lazada Terbaru: Mudah Banget
Retur atau pengembalian barang sendiri merupakan salah satu layanan yang memang harus ada di dalam sebuah aplikasi marketplace. Karena dengan demikian akan meminimalisir adanya produk-produk yang mengecewakan.
Bahkan meskipun sudah ada fitur tersebut tidak sedikit loh para penjual yang tetap melakukan tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan. Seperti menggunakan foto yang tidak sesuai dengan barang, kemudian deskripsi yang terlalu berlebihan.
Sehingga membuat para pembeli kecewa. Dan kadang-kadang tidak sedikit juga toko-toko yang mempersulit proses pengembalian barang. Layanan ini tersedia ketika kamu membeli barang di aplikasi Lazada kemudian barang tersebut tidak sesuai.
Tidak sesuai di sini tentu akan disesuaikan lagi dengan gambar kemudian deskripsinya. Dalam artian apabila barang yang datang ternyata tidak seperti yang ada di gambar dan tidak memenuhi deskripsi maka kamu berhak untuk mengajukan pengembalian barang.
Dan nantinya tinggal ikuti saja alurnya. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara retur barang di Lazada atau bagaimana alur untuk mengembalikan barang? Jadi kali ini kita akan bahas ya tutorial lengkap yang akan kamu lakukan.
Dan kabar baiknya ketika melakukan retur uang yang sudah kamu bayarkan akan dikembalikan oleh pihak tokonya. Berikut tutorialnya:
Buka Aplikasi dan Login
Cara retur barang di Lazada pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuka aplikasi. Silakan cari aplikasi Lazada yang ada di dalam perangkat kamu kemudian masuk ke dalam akun yang notabene-nya sudah kamu gunakan untuk melakukan pembelian barang.
Yang mana barang tersebut ternyata tidak sesuai ekspektasi dengan ingin kamu kembalikan ke pihak toko. Apabila kita perhatikan banyak sekali para pengguna yang membiarkan aku mereka, dalam artian tidak mengeluarkannya.
Jika demikian maka kamu nggak perlu lagi repot-repot untuk login. Namun jika kamu adalah tipikal yang Justru lebih senang mengeluarkan akun-akun yang ada maka keluar silakan login dulu dengan menggunakan akses yang kamu miliki.
Untuk metode masuknya tentu sudah bisa menyesuaikan dengan metode sudah yang tertera di bagian layar. Karena biasanya pihak aplikasi akan menyediakan beberapa metode yang dapat kamu gunakan. Bisa dengan menggunakan akun email kemudian nomor HP ataupun yang lainnya.
Pilih Akun
Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi maka akan terlihat semua menu-menu ataupun fitur-fitur di dalamnya. Dan tentu saja masing-masing fitur ataupun di dalam aplikasi mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.
Salah satu menu yang akan kamu temukan adalah menu akun. Menu ini berisi tentang berbagai macam hal tentang penggunaan kamu selama di dalam aplikasi. Dan untuk melakukan retur barang kita akan menggunakan menu tersebut.
Oleh karena itu cara retur barang di Lazada yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah mengklik menu akun.
Pilih Semua Pesanan
Setelah masuk ke dalam menu akun kamu juga akan melihat lagi semua fitur-fitur lain. Salah satu fiturnya adalah fitur pesanan saya. Sesuai dengan namanya fitur satu ini akan berisi barang-barang yang sudah kamu beli atau yang sedang diproses dan yang lainnya.
Dalam hal ini kamu bisa menggunakan menu yang Semua pesanan. Karena dengan demikian maka Semua pesanan kamu bakalan tampil di dalam layar ponsel. Termasuk juga barang-barang yang pengen kamu retur alias barang yang nggak sesuai dengan ekspektasi.
Pilih Barang yang Akan Kamu Balikin
Cara Selanjutnya silakan Scroll ataupun cari-cari dulu mana barang yang pengen kamu balikan ke pihak toko. Apabila sudah mendapatkan barangnya maka kamu dapat memilih produk tersebut. Dan jangan lupa buat memastikan kalau misalnya status Pesanannya sudah diterima ya.
Karena tahapan ini yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya mengajukan pengembalian barang ke pihak toko.
Pilih Ajukan Pengembalian
Langkah berikutnya adalah dengan mengklik menu ajukan pengembalian. Yang mana menu ini yang nantinya akan membuat kamu bisa mendapatkan uang kembali. Namun Jangan lupa untuk membaca dulu syarat dan ketentuan yang sudah ada.
Baik itu yang sudah ditentukan oleh pihak lazadanya sendiri ataupun yang sudah ditentukan oleh pihak toko. Karena biasanya masing-masing toko akan menyediakan syarat dan ketentuan pengembalian barang yang berbeda-beda.
Pilih Pengembalian Barang dan Dana
Terakhir kamu dapat memilih menu pengembalian barang dan dana. Dan sama seperti sebelumnya Jangan lupa untuk membaca lagi aturan serta syarat-syarat yang ada di dalam menu tersebut. Kemudian kamu dapat melakukan step by step yang tertera.
Kamu harus mengirimkan barang yang kamu dapatkan ke pihak toko. Barulah kemudian di tahap yang selanjutnya uang tersebut akan kembali. Adapun uang yang akan kamu dapatkan tentu senilai dengan harga barang yang sudah kamu bayarkan.
Nantinya mungkin akan ada komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Yaitu seputar metode pengembalian dana atau uang kamu. Oke demikian penjelasan kali ini tentang bagaimana cara mengatur barang di Lazada yang harus kamu perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.