Cara Merapikan Ketikan di Word

  • Anita Apprilia
  • Jul 15, 2024

Cara Merapikan Ketikan di Word – Membuat dokumen merupakan salah satu kebutuhan di berbagai macam segmen kehidupan. Mulai dari kehidupan yang berkaitan dengan urusan kantor kemudian pekerjaan ataupun pendidikan.

Dalam hal ini, anda bisa membuat dokumen dengan menggunakan Microsoft Word. Ketika pertama kali menggunakan layanan tersebut, mungkin dokumen yang anda buat masih berantakan.

Sehingga masih perlu dirapikan terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa cara merapikan ketikan di Word yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Cara Merapikan Tulisan di Word Secara Otomatis

Pengertian Word

Word merupakan sebutan lain dari Microsoft Word. Ia merupakan sebuah program pengolahan kata yang notabenenya dikembangkan oleh pihak Microsoft yaitu dari tahun 1983.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat terkenal di dunia dan kerap kali menjadi andalan masyarakat dunia. Karena dengan menggunakannya Anda bisa membuat dokumen kemudian mengedit dokumen lalu memformat sampai dengan mencetaknya.

Hal ini supaya lebih gampang untuk dibaca dan diakses oleh siapapun. Kabar baiknya lagi,  Microsoft Word sudah termasuk ke dalam paket Microsoft Office yang mereka  tawarkan.

Itu artinya Anda bisa langsung menggunakan layanan Microsoft Office yang lainnya seperti Microsoft Powerpoint kemudian Microsoft Excel ataupun yang lainnya. 

Dan nantinya bisa anda gunakan untuk membuat surat kemudian laporan essay ataupun jenis-jenis dokumen yang lainnya.

Baca Juga: Cara Memunculkan Ruler di Word  

Fungsi Word

Secara umum Microsoft mempunyai berbagai macam fungsi yang menarik. Berikut adalah beberapa fungsi Microsoft Word yang perlu Anda ketahui.

  1. Penulisan dan Penyuntingan: Fungsi yang paling umum adalah untuk menulis dan menyunting atau mengedit dokumen. Bahkan tampaknya hampir semua pengguna Microsoft pasti pernah melakukan  kegiatan tersebut, apalagi dengan fitur-fiturnya yang tergolong sangat lengkap.
  2. Pemformatan Teks: Fungsi Microsoft yang berikutnya adalah untuk melakukan pemformatan teks. Seperti menambahkan efek teks kemudian mengubah jenis tulisan ataupun yang lainnya.
  3. Pengaturan Layout: Fungsi yang berikutnya adalah untuk mengatur layout. Di dalam Microsoft Word sudah tersedia fitur untuk mengatur layout sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dan penggunaannya termasuk salah satu cara untuk membuat dokumen menjadi lebih rapi dan menarik.
  4. Pengelolaan Gambar dan Grafik: Sementara untuk fungsi yang berikutnya adalah untuk melakukan pengelolaan gambar dan juga grafik. Hal ini karena di dalamnya sudah tersedia fitur untuk menambahkan ataupun mengedit gambar grafik dan yang lainnya. Ini bisa menjadi alternatif Ketika anda akan menyajikan informasi dalam bentuk visual yang jauh lebih menarik.
  5. Pembuatan Daftar dan Tabel:  Microsoft Word juga berfungsi untuk membuat daftar dan juga tabel lewat fitur pembuatan tabel yang sudah tersedia di dalamnya. Ini sangat cocok Ketika anda akan menyajikan data-data yang terorganisir.
  6. Penyimpanan dan Berbagi: Sementara untuk fungsi yang berikutnya adalah menyimpan file dan juga berbagi. Yang mana anda bisa membuat banyak sekali file kemudian menyimpannya lalu membagikannya dengan orang lain. Nantinya Anda bisa berbagi filter sebut dengan menggunakan berbagai macam ekstensi.

Fitur-fitur Word

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwasanya Microsoft Word mempunyai berbagai macam fitur-fitur yang menarik. Nah fitur-fitur tersebut yang nantinya akan membantu anda untuk membuat dokumen menjadi lebih bagus.

Baca Juga: Cara Menambah Watermark di Word untuk Keamanan Dokumen

Adapun beberapa fitur yang mereka tawarkan ialah fitur ribbon interface yang nantinya akan menampilkan semua alat-alat serta fungsi yang sudah dikelompokkan ke dalam Tab.

Ada tab home kemudian Insert sampai dengan layout dan review. Keberadaan ribbon intoves ini akan sangat membantu Anda saat akan menggunakan fitur-fitur tertentu.

Hal ini karena sudah dikelola dan dikelompokkan oleh pihak Microsoft sedemikian rupa. Kemudian Anda juga bisa menemukan fitur template. 

Bagi Anda yang ingin membuat sesuatu dengan menggunakan template maka bisa gunakan layanan Microsoft. Mereka menyediakan template-template yang memang siap pakai mulai dari template resume kemudian Laporan atau bahkan undangan.

Dengan menggunakan template proses pembuatan dokumen menjadi jauh lebih gampang dan cepat. Bahkan, hasilnya juga akan sangat maksimal karena memang template-template yang mereka miliki tergolong sangat bagus.

Selain beberapa fitur di atas masih banyak lagi fitur-fitur lain yang juga bisa anda gunakan. Salah satu yang cukup penting adalah fitur untuk menambahkan bibliografi dan juga halaman.

Sebagai mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, kedua fitur tersebut termasuk fitur yang sangat penting lantaran akan sering anda gunakan.

Baca Juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Cara Merapikan Ketikan di Word

Saat mengetik di Microsoft Word biasanya Anda memang harus merapikan ketikannya terlebih dahulu. Dan ada juga harus menyesuaikan dengan format yang sudah ditentukan.

Terlebih lagi ketika akan membuat tugas akhir ataupun pembuatan jurnal dan yang lainnya. Dengan merapikan dokumen yang sedang anda buat tentu akan membuat hasilnya lebih rapi dan gampang untuk dibaca.

Bahkan ini juga yang akan membuat tampilan dokumen Anda terkesan lebih profesional. Berikut ini merupakan beberapa cara merapikan ketikan di Word yang harus anda coba.

1. Menggunakan Styles

Cara merapikan ketikan di Word pertama adalah dengan menggunakan style. Style sendiri merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menjaga konsistensi format pada semua dokumen yang anda buat.

Menariknya lagi pihak Microsoft memang sudah menyediakan beberapa style yang bisa Anda coba sendiri, mulai dari untuk judul kemudian judul sampai dengan teks yang biasa.

Dan cara menggunakannya juga cukup mudah. Tinggal gunakan saja fitur-fitur yang sudah tersedia di atas. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih teks yang akan anda format menggunakan style.

Kemudian klik gaya yang sesuai dengan kebutuhan di bagian tab home, lalu pilih yang di grup Styles. Anda bisa memilih apakah akan menjadikannya sebagai heading 1 atau heading 2 ataupun yang lainnya.

Baca Juga: Fungsi dan Manfaat Microsoft Word(Buka di tab peramban baru)

2. Mengatur Margins dan Page Layout

Cara merapikan ketikan di Word yang berikutnya ialah dengan mengatur bagian margin dan page layout. Ini merupakan salah satu pengaturan untuk merapikan file yang tergolong cukup umum dan kerap kali dilakukan.

Karena dengan mengatur keduanya akan membuat dokumen anda menjadi jauh lebih rapi. Cara menggunakan pengaturan tersebut ialah dengan pergi ke bagian tab layout kemudian pilih yang menu margin.

Lalu Anda bisa pilih dan sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Sementara tahapan berikutnya adalah dengan mengklik menu orientation supaya bisa mengatur orientasi halaman Apakah menggunakan yang portrait atau yang landscape.

3. Menggunakan Alignment dan Indentation

Berikutnya bisa dengan menggunakan alicement dan intension. Di dalam aplikasi Anda bisa menggunakan berbagai macam fitur-fitur ataupun menu untuk merapikan ketikan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan alignment ini dan identition. Caranya adalah dengan memilih teks dan gunakan icon perataan pada bagian grup paragraf. Kemudian Anda bisa langsung memilih opsi sesuai dengan kebutuhan.

4. Mengatur Line Spacing

Cara berikut yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengatur Line spacing atau bagian spasinya. Bagaimanapun spasi juga menjadi salah satu bagian penting saat merapikan sebuah dokumen.

Dalam hal ini anda bisa mengatur spasi sesuai dengan jenis dokumen ataupun format yang sudah tersedia. Anda bisa pilih yang satu titik kosong kemudian ada juga yang satu titik lima ataupun yang lainnya.

Selain bisa melakukan beberapa cara  merapikan ketikan di Word di atas, ternyata masih banyak lagi cara lain yang bisa anda lakukan. Namun bisa coba dulu beberapa cara di atas terlebih dahulu ya.

Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.