Blogpress.id – Cara Mengatur Spasi di Word Agar Tidak Berantakan – Salah satu pengetahuan basic penggunaan Microsoft Word yang harus kamu kuasai adalah bagaimana cara mengatur spasi di Word. Hal ini lantaran tiap dokumen mempunyai spasi yang berbeda. Dan ketika akan membuat sebuah dokumen kamu harus menyesuaikan spasinya dengan ketentuan yang ada.
Microsoft Word sendiri adalah salah satu software yang memang beneran banyak banget digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Ya adalah aplikasi yang dibuat oleh pihak Microsoft dan bukan cuma ramai penggunaannya di kantor-kantor ataupun kampus.
Bahkan saat ini ketika ke perpustakaan pun kamu bisa menemukan Microsoft Word. Itu artinya aplikasi Microsoft Word bukan cuma membantu dalam dunia akademik doang tapi juga berguna banget di dunia pekerjaan dan yang lainnya.
Nah di dalam aplikasi Microsoft Word Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Tidak terkecuali yang berkaitan dengan spasi, dan ini masuk ke dalam bagian format ya. Jadi ketika kamu akan membuat sebuah dokumen ataupun mengerjakan tugas, pasti akan selalu ada formatnya.
Dan kamu harus mengikuti format yang ada. Supaya dokumen ataupun tugas tersebut sesuai dengan ketentuan. Apabila kamu keluar dari format yang ada bisa saja membuat tugas ataupun dokumen yang telah kamu kerjakan tertolak. Dan kamu meski mengerjakannya kembali.
Pada bagian format ini ada banyak hal yang meski kamu perhatikan. Salah satunya adalah bagian spasi yang mungkin dianggap kurang penting. Padahal bagaimanapun spasi ini mempunyai posisi yang sangat penting. Oleh karena itu keberadaannya nggak boleh diremehkan.
Sebagai pengguna baru Microsoft Word Kamu mungkin belum tahu bagaimana cara mengatur spasi di Word kan? Nggak usah khawatir karena kali ini kami akan membahas Bagaimana caranya. Kamu tinggal ikuti saja instruksi dan juga tutorial yang kami berikan.
Cara Mengatur Spasi di Word Agar Tidak Berantakan
Jadi Microsoft Word ini mempunyai beberapa versi. Dan tampaknya pihak Microsoft terus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap versi-versi WORD-nya mereka. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah versi yang paling baik diantara yang baik.
Mulai dari yang versi 2007 sampai dengan yang paling terbaru. Secara umum untuk mengatur spasi di Microsoft Word ini cukup mudah. Terutama jika kamu sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word. Karena memang sudah ada fitur ataupun menu yang bisa kamu gunakan untuk mengatur spasinya.
Dan nantinya spasi tersebut bisa kamu sesuaikan dengan format yang sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur spasi di Word yang mesti kamu perhatikan.
Mengatur Spasi di Microsoft Word 2007
Yang akan pertama kali kita lakukan ialah mengatur spasi di Microsoft Word 2007. Ini berlaku untuk kamu yang menggunakan Microsoft versi 2007 ya. Kalau kita perhatikan Microsoft versi 2007 ini merupakan software yang memang versi lama banget.
Namamu siapa sayang kamu meskipun termasuk versi lawas atau versi lama tetap Banyak masyarakat kita yang senang menggunakan versi 2007 ini. Karena versi Lawasnya pun sudah mempunyai banyak fitur-fitur yang tergolong lengkap. Dan banyak orang lebih nyaman menggunakan versi 2007-nya.
Apabila kamu termasuk salah satu penggunanya tapi belum tahu gimana cara mengatur spasi di Word 2007, tenang saja. Sekarang silakan kamu blok dulu semua teks yang sudah kamu ketik. Kamu bisa ngeblok dengan menggunakan shortcut control + a.
Kalau untuk sekarang nggak usah lagi deh ngeblok ngeblok secara manual, karena inI akan memakan waktu yang lama. Terutama ketika teks yang sudah kamu ketik itu banyak banget. Kalau misalnya semua teksnya sudah terblok silakan pergi ke menu home.
Lalu kamu bisa memilih icon kecil yang terdapat di samping menu paragraf. Tujuannya adalah buat memunculkan jendela yang baru yang isinya untuk mengatur spasi. Begitu jendela barunya muncul kamu bisa Klik di menu spacing.
Pilih besar spasi yang sesuai dengan keinginan kamu atau sesuai dengan format yang dibutuhkan. Kemudian klik menu oke. Dengan demikian maka spasi yang ada pada dokumen yang sedang kamu kerjakan akan langsung berubah sesuai dengan yang sudah kamu pilih.
Jadi emang segampang itu untuk mengatur spasinya di Microsoft Word yang versi 2007. Kamu bisa langsung Cobain sekarang deh pasti berhasil.
Mengatur spasi di Microsoft Word 2010
Untuk versi lainnya ada yang 2010. Dan mungkin banyak juga di antara kita yang masih menggunakan Microsoft Word versi 2010 ini. Untuk mengatur spasi di Microsoft Word versi 2010 nggak berbeda jauh dengan yang penggunaan Microsoft Word versi 2007.
Bahkan mungkin cara yang perlu kamu lakukan sama persis dari awal sampai akhir. Microsoft Word yang versi 2010 ini juga mempunyai fitur yang sangat lengkap. Namun siapa sangka kalau ternyata versinya lebih ringan loh kalau misalnya kita bandingkan dengan versi yang sebelumnya.
Kemudian kenyamanan penggunaannya juga sangat baik sehingga banyak orang-orang yang pengen menggunakan Microsoft Word versi 2010. Dan mereka yang sudah menggunakan versi 2010 malah enggan buat pindah ke versi yang lain.
Untuk cara mengatur spasi di Word versi 2010 pertama yang bisa kamu lakukan ialah blok dulu seluruh tulisan-tulisan yang sudah kamu buat. Kemudian pergi ke menu home dan pilih icon spasi yang ada di bagian sebelah format paragraf.
Di dalam menu tersebut kamu bisa langsung memilih lagi Berapa paragraf yang sesuai dengan format kebutuhan. Kemudian Oke atau enter dan hasilnya akan muncul. Sesuai dengan spasi yang kamu butuhkan dan telah kamu pilih tadi.
Sementara untuk cara yang kedua kamu bisa ngeblok semua tulisan-tulisan yang sudah selesai kamu tulis, kemudian kamu bisa memilih icon kecil yang terdapat di bagian samping tulisan menu paragraf. Kalau sudah bakalan muncul Tuh jendela yang baru.
Apabila jendela barunya sudah muncul maka kamu bisa mengatur spasi di kolom yang sudah ada. Tinggal sesuaikan saja dengan yang kamu butuhkan dan klik oke.
Penutup
Pada dasarnya terdapat beberapa pilihan spasi yang bisa kamu sesuaikan. Kalau untuk spasi skripsi ataupun tugas akhir biasanya 2 cm. Kemudian dalam pembuatan abstrak biasanya kamu harus menggunakan spasi 1 cm. Itu artinya setiap bagian memang mempunyai perbedaan ukuran spasi.
Yang notabene nya harus kamu sesuaikan. Oleh karena itu jangan ragu untuk membaca panduan yang ada supaya bisa menyesuaikan. Dan tidak terjadi kesalahan. Secara umum dapat kita simpulkan bahwasanya spasi ini merupakan hal yang paling penting.
Kemudian cara mengaturnya hanya perlu memblok semua tulisan kemudian pergi ke menu home dan pilih icon kecil. Yang nantinya akan memunculkan pilihan spasi. Pilih spasi sesuai kebutuhan dan selesai deh. Terakhir kamu bisa menyimpan dokumen tersebut ke tempat yang kamu inginkan.
Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa buat share informasi ini ke yang lain ya.