Blogpress.id – Cara Membuat Kop Surat di Word dan Google Docs – Kop surat menjadi salah satu bagian yang sangat penting ketika kamu akan membuat surat resmi. Biasanya bagian ini akan berisi berbagai macam informasi terkait dengan instansi ataupun perusahaan yang bakalan mengirimkan surat.
Dalam hal ini informasi-informasi yang terdapat pada kop surat bisa saja terkait dengan nama instansinya kemudian alamat sampai dengan nomor email serta nomor telepon yang memang bisa dihubungi oleh orang lain.
Baca Juga : Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word
Adapun fungsi sederhana dari keberadaan kop surat ini ialah mempermudah orang-orang buat mengetahui dari mana sebenarnya surat tersebut berasal. Selain itu fungsi dari kop surat juga untuk membedakan antara surat yang asli dengan yang palsu.
Sejauh ini ternyata masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara membuat kop surat. Meskipun sebenarnya informasi ataupun pengetahuan seputar Bagaimana cara membuat kop surat ini sudah pernah kita pelajari ketika duduk di bangku sekolah dasar ataupun SMP.
Hal ini bisa saja karena jarangnya kita membuat kop surat sehingga lupa dengan materi-materi tersebut. Dan nggak usah khawatir karena kali ini kami akan bahas Bagaimana caranya. Jadi bagi kamu yang membutuhkan informasi terkait dengan Gimana cara membuat kop surat bisa simak ya.
Baca Juga : Pengertian Google Docs beserta Fungsi dan Manfaatnya
Cara Membuat Kop Surat di Word dan Google Docs
Proses pembuatan kop surat sendiri bisa dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word ataupun Google doc atau beberapa aplikasi-aplikasi yang lainnya. Kalau untuk yang paling umumnya mungkin bisa dengan menggunakan dua aplikasi tersebut aja ya.
Nah kali ini kita akan bahas satu persatu. Kamu tinggal perhatikan saja mana metode ataupun software yang bakalan kamu gunakan dalam proses pembuatan kop suratnya nanti.
Baca Juga : Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word
Cara Membuat Kop Surat di Word
Untuk cara membuat kop surat pertama yang kita bahas ialah bagi kamu yang akan menggunakan Microsoft Word. Karena memang nggak bisa kita pungkiri bahwasanya Microsoft Word ini menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang benar-benar recommended banget buat digunakan.
Tidak terkecuali saat kamu ingin membuat kop surat. Dan ternyata ada beberapa cara untuk membuat kop surat dengan menggunakan Microsoft Word. Dan kamu bisa lakukan cara-cara tersebut dengan baik dan benar ya.
Dengan Menggunakan Header
Cara membuat kop surat di Word pertama bisa dengan menggunakan layanan header. Dan tampaknya ini menjadi salah satu cara membuat kop surat yang sangat populer di berbagai macam kalangan. Karena mungkin dianggap sebagai cara yang paling simple.
Dan header sendiri merupakan bagian yang letaknya ada pada bagian atas dokumen Word, dan isinya adalah informasi-informasi terkait dengan dokumen tersebut. Dan itulah Kenapa layanan header ini bisa kamu gunakan untuk membuat kop surat.
Adapun cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuka aplikasi Microsoft wordnya terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa mengklik menu insert lalu pilih yang header. Langkah selanjutnya pilih yang Blank header.
Yang bertujuan buat nambahin bagian kop surat secara manual. Kemudian sekarang kamu bisa langsung aja mulai membuat kop surat. Nantinya bagian headernya bakalan muncul dengan adanya garis putus-putus pada bagian atas dokumen.
Kamu bisa nambahin gambar kemudian tulisan atau berbagai macam informasi-informasi yang terkait dengan perusahaan atau instansi yang kamu miliki. Dan kalau semuanya sudah selesai kamu bisa nambahin garis bagian bawah ya.
Yang nantinya garis tersebut bakalan menjadi pembatas antara kop suratnya dengan isi surat. Untuk cara membuat garisnya juga gampang banget karena kamu bisa menggunakan menu shape garis lurus.
Tinggal klik aja menu insert kemudian pilih yang menu shapes dan pilih garis lurus. Lalu silakan atur ketebalan dari garis tersebut dengan cara mengklik format dan pilih shape outline. Pilih lagi Yang weight. Dan sekarang kop suratnya udah jadi dan bisa kamu gunakan.
Dengan Menggunakan Tabel
Cara membuat kop surat 1 ini mungkin tergolong agak asing dan belum begitu banyak dilakukan oleh para pengguna Microsoft Word. Meskipun demikian Kami tetap merekomendasikan kamu untuk melakukan cara satu ini kok karena gampang juga.
Adapun cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuka Microsoft Word dan klik menu insert dan pilih header lalu lanjutkan dengan memilih Blank header. Karena menu ini yang bakalan berguna untuk menggunakan bagian atas sebagai kop letter.
Ketika bagian headernya udah aktif maka kamu juga bakalan menemukan bagian garis putus-putus ya. Dan sekarang tinggal pakai aja kursornya ke sana dan klik Insert pilih Tabel buat ngebuat tabel sesuai dengan yang kita butuhkan dalam proses pembuatan kop letternya.
Apabila sudah kamu dapat memasukkan informasi tambahan pada bagian tabel yang ada mulai dari instansinya kemudian tulisan sampai dengan gambar dan yang lainnya. Lalu kamu juga bisa ngedit supaya tabel tersebut jadi lebih transparan.
Caranya adalah dengan mengklik menu home dan sesuaikan lagi batas tabel. Selesai deh. Ya sekarang kop letter tersebut udah jadi dan bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.
Cara Membuat Kop Surat di Google Docs
Sementara untuk cara terakhir yang bakalan kita bahas jika bagi kamu yang menggunakan layanan dari Google yaitu layanan Google Docs. Jadi layanan Google Docs ini juga memungkinkan kamu untuk membuat kop letter loh.
Karena kalau kita perhatikan ternyata fungsi dari Google Docs ini nyaris Sama persis dengan fungsi dari Microsoft Word yang memungkinkan kamu buat ngetik dan melakukan berbagai macam kegiatan-kegiatan lainnya.
Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam menu-menu serta fitur-fitur yang sudah tersedia di dalam aplikasi tersebut. Dan siapa sangka kalau misalnya Google doc juga memungkinkan untuk kamu gunakan kalau pengen buat kop letter sesuai dengan kebutuhan.
Yang masih menjadi pertanyaan adalah Gimana cara membuatnya? Oke nggak usah khawatir karena cara membuat kop letter dengan mengandalkan Google doc ini juga gampang banget kok nggak kalah gampangnya deh dengan yang pertama.
Kamu bisa langsung aja buka layanan Google DOC yang ada pada laptop ataupun komputer kemudian kamu bisa mengklik dua kali pada lembar kerja yang ada. Nantinya bakalan muncul Tuh header.
Pokoknya tinggal klik aja beberapa kali ke lembar kerjanya ya sampai benar-benar muncul layanan header mereka. Dan nantinya kamu bakalan membuat kop letter pada header yang sudah aktif atau sudah muncul pada layar.
Kalau misalnya header tersebut sudah aktif maka kamu bisa pergi atau Arahkan kursor ke bagian headernya dan pilih menu insert. Lalu klik yang tabel dan pilih tabel dua kali satu. Karena nantinya bagian tersebut bisa kamu isi dengan logo perusahaan atau instansi.
Kemudian kamu bisa menambahkan beberapa informasi lainnya seperti nomor perusahaan kemudian nama perusahaan dan yang lainnya. Kalau misalnya semua sudah selesai kamu bisa menambahkan garis lurus tepat di bawah kop letter yang sudah jadi tadi.
Untuk membuat garisnya bisa menggunakan menu-menu yang ada ya di dalam aplikasi Google Docs. Demikian penjelasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.