Blogpress.id – Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim – Salah satu marketplace yang banyak banget digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah shopee. Bahkan mungkin hampir semua orang pernah mencoba berbelanja di sana. Ada banyak keunggulan aplikasi shopee dibandingkan dengan beberapa marketplace yang lainnya.
Keunggulan pertama mungkin dari segi promo ataupun diskon-diskon. Yang mana kamu bisa mendapatkan banyak sekali diskon dari aplikasi, atau bisa juga dari pihak toko. Hal ini akan membuat biaya yang kamu bayar menjadi jauh lebih terjangkau.
Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak sekali pedagang di sana. Mungkin ada lebih dari ratusan ribu pedagang. Sehingga kamu bisa melakukan perbandingan antara harga dari satu toko Ke toko yang lainnya.
Bukan hanya itu saja, kamu bahkan juga dapat mengetahui kualitas produk dari deskripsi yang ada pada produk tersebut. Karena pihak aplikasi mengharuskan para penjual untuk membuat deskripsi produk yang mereka tawarkan kepada para pembeli.
Salah satu kasus yang mungkin pernah kamu alami ketika berbelanja di shopee adalah pengen membatalkan pesanan tersebut Padahal statusnya pesanan sudah dikirim. Iya kan? Nah kalau mengalami permasalahan seperti ini bisa nggak sih paketnya kita batalkan aja?
Oke buat kamu yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan terkait dengan cara membatalkan pesanan di shopee yang mungkin sudah terkirim atau mengalami beberapa permasalahan lain deh.
Tentang Shopee
Beberapa tahun belakangan ini tidak sedikit Diantara kita yang Mulai senang melakukan proses belanja secara online. Dan tampaknya ini merupakan salah satu hal yang sangat umum serta wajar terjadi karena kita sedang hidup di era digitalisasi.
Yang mana hampir semua halnya sudah dapat kita lakukan secara online dengan mengandalkan jaringan internet. Apalagi mengingat keuntungan dari berbelanja online yang memang sangat banyak. Keuntungan pertama dari segi harga.
Sebagaimana yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa ketika kamu berbelanja di aplikasi shopee ataupun beberapa marketplace lain maka kamu bisa mendapatkan potongan harga ataupun berbagai macam layanan diskon mereka.
Selain itu kamu juga hanya perlu mengunjungi toko-tokoh secara online tanpa harus mengantri dengan orang lain. Kamu juga bisa melihat-lihat serta memilih-milih barang sesuai keinginan tanpa adanya batasan waktu. Kapanpun dan di manapun kamu mau.
Metode pembayaran yang bisa kamu gunakan juga beragam. Kalau untuk soal harga juga menarik sih karena harga-harga yang ada di dalam marketplace seperti ini cenderung lebih terjangkau. Namun tetap saja ada beberapa resiko ya ketika kamu berbelanja online.
Resiko-resiko tersebut bisa kamu minimalisir dengan cara ngecek dulu rating dari toko tersebut. Kemudian kamu juga bisa melihat-lihat ulasan produk dari pihak pembeli sebelumnya. Dan jangan lupa untuk membaca deskripsi produk supaya kamu tidak merasa tertipu.
Kemudian, terkait dengan kasus Bagaimana cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah terlanjur terkirim bisa kamu simak pada poin-poin berikut ini. Karena pada dasarnya pihak shopee menyediakan solusi atas berbagai macam problem yang kamu alami ketika menggunakan aplikasi mereka.
Alternatif Alasan Pembatalan Pesanan
Tapi sebelum kita bahas Gimana caranya mungkin kita akan bahas dulu sekilas terkait dengan alternatif alasan apa aja yang bisa kamu gunakan ketika ingin membatalkan sebuah pesanan. Adapun alasan yang pertama ialah karena penjualnya nggak menjawab chat kamu.
Kemudian pihak penjual meminta kamu Untuk membatalkan pesanan tersebut karena berbagai macam alasan. Alternatif jawaban lain karena kamu pengen mengubah rincian serta membuat pesanan yang baru. Produknya mempunyai ulasan yang buruk.
Kamu pengen ngubah Alamat pengiriman barang, dan berbagai macam alasan-alasan yang lainnya. Nantinya kamu tinggal pilih aja mana Kiranya yang pas ya dengan alasan kenapa kamu pengen membatalkan pesanan tersebut.
Untuk pembatalan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama adalah pembatalan instan. Pembatalan instan ini ialah jenis pembatalan yang dapat kamu lakukan secara langsung yaitu sebelum pihak penjualnya mengatur Kapan pengiriman barang.
Biasanya kamu bisa membatalkan dengan sangat mudah sebelum atau bahkan maksimal satu jam kalau misalnya kamu sudah selesai melakukan pembayaran dan sudah terverifikasi. Kalau misalnya pengen membatalkannya juga cukup mudah karena kamu cuma perlu milih aja kenapa kamu pengen membatalkannya.
Jenis yang kedua ialah pembatalan non instan. Jenis yang satu ini ialah pembatalan yang bisa kamu lakukan kalau misalnya pihak penjualnya sudah ngatur Kapan produk tersebut akan dikirimkan.Dan ini sudah ada nomor resinya ya.
Kalau untuk yang jenis satu ini maka kamu mesti mendapatkan persetujuan dulu dari pihak sellernya. Dan tiap seller bebas menolak pembatalan yang kamu lakukan kalau misalnya udah terlanjur terkirim. Sementara untuk yang terakhir ialah pembatalan secara otomatis yaitu kalau misalnya penjual nggak mengatur pengiriman.
Atau mereka memasukkan resi sampai batas waktu yang sudah ditentukan oleh pihak aplikasi. Jadi kalau untuk kasus cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim ini ialah pembatalan yang non instan.
Karena kamu mengajukan pembatalan ketika pihak aplikasi sudah mengatur pengiriman barang tersebut ke pihak Kurir.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim
Oke setelah membahas ulasan di atas sekarang baru akan kita bahas Bagaimana cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah terlanjur terkirim.
Melihat penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwasanya ketika kamu mengajukan pembatalan produk setelah sebelum 1 jam pembayaran terverifikasi maka kamu bisa dengan mudahnya menerima kalau misalnya pengajuan pembatalan pesanan tersebut diterima. Dan uang kamu akan kembali lagi.
Sementara jika kamu mengajukan pembatalan terhadap pesanan yang sudah dikirim atau sudah diatur oleh pihak penjualnya maka ini akan jatuh kepada pembatalan yang non instan. Yaitu pembatalan ketika kamu sudah melakukan pembayaran di atas 1 jam.
Dan Ini Membutuhkan persetujuan dari pihak penjual. Karena kasusnya adalah barang yang sudah terkirim maka akan jatuh kepada proses pembatalan yang non instan. Yakni kamu membutuhkan persetujuan pembatalan dari pihak penjualan.
Oke Cara yang bisa kamu lakukan kalau misalnya pengen membatalkan pesanan ialah membuka aplikasi terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa Klik aja di menu pesanan saya dan pilih yang bagian dikirim.
Selanjutnya Tinggal pilih aja pesanan mana Yang pengen kamu batalkan dan geser-geser layar ke bawah sampai menemukan tombol batalkan pesanan.
Pilih tombol tersebut dan tunggu beberapa saat hingga pihak penjual menyetujui pembatalan pesanan yang kamu ajukan. Kalau misalnya pihak penjual menyetujuinya maka dana tersebut bakalan balik lagi ke akun kamu yaitu dalam hitungan waktu satu kali 24 jam.
Namun karena kasusnya produk kamu sudah dikirim kemungkinan besar nggak bakalan bisa lagi kamu ajukan untuk pembatalan. Oke demikian penjelasan kali ini tentang cara membatalkan pesanan di shopee. Semoga membantu dan selamat mencoba.