Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Baik dan Benar

  • Anita Apprilia
  • Feb 03, 2024

Blogpress.id –  Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Baik dan Benar – Untuk melamar kerja terdapat beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan mengirimkan surat lamaran menggunakan email. Dan ternyata beberapa tahun belakangan ini Cukup banyak ya perusahaan atau instansi yang menjadikan email sebagai wadah untuk para calon kandidat karyawan mereka. 

Dan sebagai calon pelamar kamu harus tahu bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar. Meskipun tergolong cukup sederhana namun masih cukup banyak juga orang-orang yang salah ketika memasukkan lamarannya lewat email. 

Oleh karena itu kamu harus memahami dulu Bagaimana sebenarnya cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar supaya nantinya lamaran yang kamu kirimkan di lirik oleh pihak HRD. Buat yang dalam waktu dekat ini pengen mengirimkan lamaran atau sekedar pengen tahu gimana prosesnya bisa langsung simak penjelasan berikut. 

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email yang Baik dan Benar

Saat ini Persaingan di dunia kerja tergolong cukup ketat. Sehingga membuat kamu harus berjuang lebih ekstra untuk mendapatkan perhatian dari pihak HRD. Salah satu cara sederhana dan simpel yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan lamaran secara baik dan benar lewat email. 

Namun sebelum kita bahas Gimana caranya kamu harus pahami dulu beberapa hal penting. Yang pertama ialah membaca dengan baik dan seksama terkait dengan lamaran ataupun lowongan yang ada. Dalam hal ini kamu harus mencermati Apa saja syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak instansi yang akan kamu tuju. 

Karena biasanya masing-masing instansi pasti mempunyai kriteria khusus ataupun berkas-berkas khusus yang harus kamu penuhi. Dan untuk mendapatkan perhatian mereka kamu harus berupaya benar-benar untuk mendapatkan dan memenuhi syarat tersebut. 

Karena kalau misalnya ada yang kurang bisa saja lamaran yang kamu kirimkan tidak dilirik sama sekali. Kemudian Jangan lupa untuk mempersiapkan CV sebaik mungkin. Kalau bisa usahakan membuat CV yang sudah ATS. 

Beberapa waktu belakangan ini CV ATS memang termasuk salah satu jenis cv yang lagi booming dan menarik perhatian para HRD. Terkait dengan Bagaimana cara membuatnya bisa kamu pelajari dulu ya lewat Google ataupun lewat YouTube. 

Setelah itu barulah kamu ikuti instruksi ataupun tahapan-tahapan yang akan kami jelaskan berikut ini sampai selesai. 

Pastikan Bahwa Emailnya Sudah Benar

Cara melamar pekerjaan lewat email pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memastikan dulu bahwasanya email yang akan kamu tuju sudah baik dan benar. Hal ini bertujuan supaya nantinya lamaran kamu bisa masuk ataupun terkirim ke si penerima yang kamu maksud. 

Karena ternyata banyak juga orang-orang yang salah menginput email sehingga lamaran mereka tidak masuk ke si penerima. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwasanya email yang kamu gunakan juga sudah baik dan benar. 

Dan kalau bisa gunakanlah email yang memang terlihat profesional. Misalnya adalah dengan menggunakan nama lengkap kamu aja tanpa adanya tambahan apapun. Karena ternyata kalau misalnya pakai email pribadi itu kurang terkesan profesional sehingga Para rekruter bisa aja menganggap kalau kamu nggak terlalu serius. 

Persiapan Dokumennya dengan Baik

Setelah melakukan dan memastikan bahwasanya email yang kamu gunakan dan kamu tuju tidak baik dan benar selanjutnya kamu dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang bakalan kamu kirimkan. Dari semua dokumen-dokumen tersebut harus sesuai dengan kriteria yang diminta oleh pihak perusahaan. 

Jika pihak perusahaan tidak menentukan dokumen apa saja yang harus kamu kirimkan maka paling tidak kamu harus mempersiapkan dua buah dokumen. Yang pertama adalah CV dan yang kedua adalah lamaran kerjanya. 

Dan kalau bisa ditambahkan juga dengan portofolio. Nggak semua posisi pekerjaan membutuhkan portofoli. Namun Jika pekerjaan kamu adalah hal-hal yang berbau jasa ataupun layanan khusus maka kamu bisa menyertakan portofolio yang akan menjadi bahan pertimbangan. 

Dan usahakan untuk membuat nama pada dokumen yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pihak perusahaan atau instansi untuk mengecek. Dan ini juga yang bakalan membuat proses pengecatannya jadi jauh lebih cepat. 

Biasanya kamu dapat menggunakan nama kemudian jenis file ataupun file yang bersangkutan. Misalnya adalah Anita Aprilia kurikulum vitae. 

Ketika akan melakukan pengiriman lamaran kerja atau akan melamar pekerjaan ke sebuah instansi maka kamu harus memasukkan bagian subjek. Dan subjeknya harus jelas ya. Ternyata subjek adalah salah satu bagian yang paling mudah buat mengenali sebuah pesan yang masuk. 

Karena letaknya ada pada bagian yang sangat strategis. Karena kalau misalnya kamu nggak memasukkan bagian subjek dengan jelas maka pihak hrd-nya bakalan bingung untuk mengenali intensi kamu dan bisa aja melihat kamu termasuk kandidat yang kurang profesional. 

Contoh dari subjek email yang baik dan benar adalah lamaran kerja kemudian nama kamu atau yang sejenisnya.  Atau kamu juga bisa menambahkan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Sertakan Bagian Pembuka Kemudian Isi dan Juga Penutup

Cara melamar pekerjaan lewat email yang selanjutnya ialah dengan menyertakan bagian pembuka kemudian isi dan juga penutupnya. Dan ini merupakan bagian yang gak boleh kamu lewatkan karena tergolong cukup penting juga namun banyak yang melupakannya. 

Dan ternyata nggak Sedikit nih orang-orang yang melamar pekerjaan lewat email hanya mencantumkan badan ataupun isi emailnya saja yaitu dokumen-dokumen penting yang diminta perusahaan. Dalam artian mereka Langsung mengirimkan filenya tanpa memasukkan bagian salam pembuka dan juga penutup. 

Jika kamu masih melakukan hal tersebut maka usahakan untuk mengubahnya dengan cara mencantumkan bagian pembuka dan penutup serta isinya ya. Adapun Contohnya kamu bisa memasukkan salam pembuka berupa Selamat siang atau yang lainnya. 

Kemudian diikuti dengan alasan kenapa kamu pengen mengirimkan lamaran kerja ke mereka kemudian pemaparan posisi kerja yang bakalan kamu tuju. Dan jangan lupa untuk menerangkan hal-hal yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan nantinya. 

Poin-poin tersebut bisa kamu jelaskan secara rinci aja nggak usah panjang-panjang. Yang penting gampang dipahami oleh pihak hrd-nya. Dalam pembuatannya kamu harus menggunakan bahasa yang formal ya.

Dan jangan lupa juga untuk menambahkan bagian akhir atau kalimat penutup. Kamu juga bisa mengucapkan terima kasih kepada pihak KRD karena sudah bersedia untuk membaca surat lamaran yang kamu kirimkan.

Penutup

Jadi itulah dia beberapa cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar yang bisa kamu coba. Terlebih lagi jika selama ini kamu hanya sekedar mengirimkan dokumen saja tanpa mencantumkan bagian pembuka dan penutupnya. 

Apabila masih bingung gimana cara membuat kalimat pembuka dan penutup Mungkin kamu bisa baca-baca lagi atau cari tahu lagi informasinya di YouTube YouTube. Karena banyak banget kok para konten kreator itu yang membahas apa saja contohnya. 

Oke demikian penjelasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Semoga lamaran berikutnya kamu bisa keterima sesuai dengan yang kamu inginkan.