Cara Komplain Pengiriman Barang JNE – Hingga kini ada banyak sekali jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang bisa kita temukan dan gunakan. Dan sejauh ini tampaknya JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi yang masih tetap eksis sampai saat ini, dan masih menjadi pilihan banyak orang. Bahkan memang jasa ekspedisi JNE sudah dipercayai oleh berbagai macam perusahaan e commerce.
Kayak shopee, kemudian Lazada, Tokopedia, ataupun yang lainnya. Kedua pihak tersebut menjalin kerjasama agar mendapatkan atau mendatangkan keuntungan antara yang satu dengan yang lain. Sebenarnya secara tidak langsung hal tersebut juga memberikan keuntungan kepada para penggunanya.
Yakni bukan hanya kepada para pengguna e-commerce saja tapi juga kepada pengguna jasa ekspedisi tersebut. Namun karena semakin banyaknya para pecinta bisnis online, Plus banyaknya orang-orang yang lebih suka berbelanja online, ternyata sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah jasa ekspedisi.
Dan inilah yang kadang-kadang membuat ada beberapa pengguna yang ingin komplain terhadap sebuah jasa ekspedisi, termasuk jasa yang ditawarkan oleh pihak JNE Express. Dan sebenarnya permasalahan bukan hanya bisa ditemukan di JNE Express aja sih.
Tapi juga dia perusahaan-perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang lainnya. Karena banyaknya paket-paket yang masuk, kadang jasa ekspedisi tersebut mengalami yang namanya overload. Yakni barang yang masuk terlalu banyak. Dan inilah yang nantinya akan menimbulkan berbagai macam permasalahan.
Jika anda termasuk salah satu pengguna JNE, kemudian mempunyai kendala ataupun permasalahan dari jasa ekspedisi tersebut mungkin anda perlu tahu gimana cara komplain pengiriman barang JNE. Namun yang perlu digarisbawahi terlebih dahulu ialah penyebab dari permasalahan yang ada biasanya bukan hanya berasal dari pihak jne-nya saja.
Tapi juga bisa banget dikarenakan beberapa macam faktor lain. Maka dari itu jika ada penasaran dan mempunyai keluhan serta sesuatu yang pengen dikomplain bisa langsung saja simak cara komplain pengiriman barang JNE berikut ini.
Cara Komplain Paket JNE Express
Untuk mengatasi hal-hal yang kurang mengenakkan, biasanya lain layanan seperti ini menghadirkan layanan yang dinamakan dengan call center. Dan layanan seperti ini memang dihadirkan untuk kenyamanan dan juga jalinan yang baik antara pihak pelanggan dengan pihak perusahaan.
Nah layanan Call Center bisa digunakan bukan hanya sekedar untuk komplain saja, tapi juga bisa anda gunakan untuk menanyakan beberapa hal yang masih berkaitan dengan proses pengiriman barang. Dan nantinya ada juga bisa memberikan saran kepada pihak mereka dengan menggunakan layanan tersebut.
Berikut ini merupakan beberapa cara komplain paket JNE yang bisa dicoba.
Dengan Menggunakan Customer Care JNE
Cara komplain paket JNE yang pertama bisa anda lakukan ialah dengan cara menghubungi mereka di customer care JNE. Layanan yang satu ini memungkinkan anda untuk menyampaikan berbagai macam keluhan ataupun hal-hal yang tidak mengenakkan yang anda alami selama proses pengiriman paket.
Dan Jika diperhatikan ini merupakan salah satu solusi ataupun cara yang sangat cocok bagi Anda yang ingin memperoleh jawaban secara cepat dan juga praktis dari pihak jne-nya. Adapun cara yang bisa anda lakukan ialah dengan menghubungi customer care JNE.
Dalam hal ini anda bisa menghubungi mereka di nomor (021) 2927 8888. Tapi sebelum anda melakukan panggilan terhadap nomor tersebut Jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal. Supaya tidak memakan waktu yang banyak. Karena nantinya ketika panggilan sudah terhubung anda akan diminta menunjukkan beberapa data.
Mulai dari nomor resi JNE yang Anda kirim, kemudian KTP, dan beberapa data yang lainnya. Dan hal lain yang juga meski anda perhatikan ialah pulsa yang anda miliki, pastikan bahwasanya pulsa yang Anda gunakan masih cukup untuk melakukan panggilan tersebut, karena biasanya bakalan dikenakan tarif yang sesuai dengan provider yang digunakan.
Namun jika anda adalah tipikal yang tidak suka telepon, maka anda bisa mengikuti cara komplain pengiriman barang JNE yang kedua.
Kirimkan Pesan ke Email JNE
Sementara untuk cara yang kedua ialah dengan mengandalkan email yang mereka miliki. Nah menariknya pihak JNE ini sudah mempunyai email resmi yang notabenenya bisa dihubungi dan bisa anda gunakan untuk menyampaikan keluhan-keluhan terkait dengan pelayanan dari jasa ekspedisi mereka.
Dan Jika diperhatikan sebenarnya cara yang satu ini juga recommended kok buat digunakan, hanya saja prosesnya mungkin tidak saya instan proses yang pertama yakni Ketika anda menghubungi pihak JNE. Kalau pengen menggunakan cara yang satu ini anda bisa langsung saja mengirimkan email ke [email protected].
Apabila prosesnya agak lama mungkin Anda harus sedikit Bersabar ya, karena biasanya jasa-jasa ekspedisi seperti ini memang memperoleh pesan yang cukup banyak, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memproses pesan anda.
Dengan Menggunakan Layanan Media Sosial JNE
Untuk saat ini kan memang sudah zamannya media sosial, sehingga para pebisnis juga Mulai mengandalkan media sosial untuk memasarkan produk-produk mereka. Dan hal ini jugalah yang dilakukan oleh pihak JNE. Nah ternyata media sosial tersebut juga bisa anda gunakan untuk mengkomplain atau memberikan keluka saat terkait dengan pengiriman mereka.
Ada bisa menggunakan media sosial apapun ya, entah itu Facebook Instagram ataupun yang lainnya. Cara dapat anda lakukan ialah dengan mengirimkan keluhan terkait dengan pengiriman mereka ke sosial media yang mereka miliki. Dan agar prosesnya lebih gampang, Jangan lupa untuk mencantumkan beberapa identitas yang masih terkait.
Mulai dari nama pengirim kemudian nama pengiriman sampai dengan nomor resi dan yang lainnya. Karena semakin lengkap informasi yang Anda berikan akan semakin mudah pula keluhan tersebut diproses oleh pihak jne-nya.
Apabila sudah terlalu lama menunggu tapi belum juga ada kabar maka kami sarankan anda untuk melakukan cara komplain pengiriman barang JNE yang pertama saja, Yakni dengan menghubungi pihak customer care-nya.
Karena kalau misalnya menggunakan layanan customer care Yang telepon tentu akan lebih cepat prosesnya, dan anda nggak harus menunggu dalam waktu yang lama.
Pergi ke Kantor JNE Terdekat
Kalau misalnya anda sudah nggak sabar dan tidak mau bertele-tele menggunakan media sosial untuk komplain, kami sarankan anda untuk melakukan cara yang terakhir, Yakni dengan langsung pergi ke kantor JNE terdekat. Barangkali perhatikan kan kantor mereka sudah tergolong banyak, dan kalau misalnya di sekitar Anda ada kantor mereka maka mendingan Pergi saja ke kantor yang terdekatnya.
Dan di sana anda bisa komplain terkait dengan pelayanan yang anda dapatkan. Dan biasanya Anda juga bisa melakukan tracking paket ketika pergi ke kantor JNE terdekat. Dan tampaknya cara ini merupakan salah satu cara yang cukup sering digunakan oleh para pengguna JNE.
Itu lebih lagi untuk mereka yang dimaksud dengan sabaran, dan males menggunakan media-media yang ada yang notabenenya bakalan menunggu dalam waktu lumayan lama.
Nah itulah dia beberapa cara komplain pengiriman barang JNE yang meski Anda pahami dan bisa anda lakukan nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.