Cara Bikin Folder di Google Drive – Google Drive adalah salah satu layanan yang banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. Karena dengan menggunakan layanan seperti ini, para pengguna pasti mendapatkan banyak keuntungan.
Kabar baiknya lagi, file-file yang sudah kita masukkan ke dalam Google Drive bisa kita Satukan ke dalam satu folder. Tujuannya adalah untuk mempermudah kita ketika ingin mencari file-file tertentu.
Sayangnya masih banyak pengguna Google Drive yang belum tahu bagaimana cara bikin folder di Google Drive. Oleh karena itu, buat kamu yang pengen buat folder tapi belum tahu caranya, bisa banget nih ikuti cara yang bakalan kami bahas berikut ini!
Apa itu Google Drive
Google Drive merupakan layanan penyimpanan online atau penyimpanan awan yang nota bening yang memungkinkan para pengguna untuk berbagi file kemudian menyimpan file sampai dengan mengedit file.
Layanan ini juga biasa disebut sebagai penyimpanan Cloud atau Cloud storage. Sesuai dengan namanya, Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang ditawarkan oleh pihak Google.
Layanan satu ini mempunyai fungsi yang cukup kompleks. Dan tentunya bakalan sangat menguntungkan para pengguna. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menyimpan file.
Baik itu file dalam bentuk dokumen kemudian dalam bentuk foto, sampai dengan dalam bentuk video. Kemudian aplikasi atau layanan ini juga berfungsi untuk mencadangkan file ataupun data-data yang penting.
Selain itu aplikasi ini berfungsi untuk berbagi file dengan sangat mudah dengan para pengguna yang lain, berfungsi untuk mengakses file lewat berbagai macam perangkat yang kamu miliki, sampai dengan berkolaborasi mengedit file.
Untuk mendapatkan layanan penyimpanan awan berupa Google Drive, para pengguna hanya perlu membuat akun Gmail saja. Yaitu akun di layanan Email elektronik milik Google. Dengan mempunyai Gmail para pengguna bisa mengakses berbagai macam layanan dari Google.
Termasuk layanan Google Drive itu sendiri. Dan di dalam layanan tersebut juga sudah tersedia fitur untuk membuat folder. Fitur ini bisa banget dimanfaatkan bagi kamu yang pengen membuat folder untuk mengorganisir semua data-data atau file-file yang penting.
Pengertian Folder
Sebelum membahas Bagaimana cara bikin folder di Google Drive, kita akan bahas dulu nih pengertian dari folder itu sendiri. Jadi folder bisa kita Artikan sebagai tempat untuk mengorganisir ataupun menyimpan file-file di dalam komputer.
Berhubung kali ini kita akan membuat folder di dalam Google Drive, maka folder di sini berarti mengorganisir file-file yang ada di dalam Google Drive. Kalau kamu pernah mendengar istilah direktori, maka folder sama seperti direktori.
Folder hanyalah istilah lain dari direktori. Adapun beberapa fungsi dari folder ialah menyimpan file dan juga pintasan. Kemudian mengelompokkan file yang didasarkan pada topik kemudian jenis sampai dengan kategori tertentu.
Tergantung kebutuhan masing-masing para pengguna. Sebagai contoh, apabila kamu sedang mengerjakan skripsi, maka kamu bisa membuat sebuah folder yang isinya adalah semua file-file tentang skripsi kamu.
Mulai dari data-data penelitian kemudian sumber-sumber atau referensi yang akan digunakan, dan yang lainnya. Fungsi yang lainnya ialah untuk mempermudah para pengguna ketika ingin mengakses file-file tertentu secara cepat.
Cara Bikin Folder di Google Drive
Cara bikin folder di Google Drive tergolong sangat mudah. Kamu bisa membuatnya dalam hitungan beberapa menit saja. Berikut ini adalah tutorial lengkap seputar Bagaimana cara bikin folder di Google Drive yang bisa kamu ikuti:
Cara Bikin Folder di Google Drive lewat Laptop atau Komputer
Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang bisa kamu akses lewat berbagai macam jenis perangkat. Termasuk mengaksesnya lewat laptop ataupun komputer. Mengakses Google Drive lewat laptop dan komputer Punya banyak keunggulan.
Salah satunya adalah memungkinkan kamu untuk melihat tampilan Google Drive yang lebih luas. Berikut tahapan-tahapan membikin atau membuat folder Google Drive lewat laptop ataupun komputer:
- Cara yang paling pertama adalah dengan membuka Google Drive lewat Browser yang kamu miliki. Kamu bisa membuka Google Drive dengan mengetik tulisan Google Drive pada menu pencarian atau yang lainnya.
- Setelah membuka Google Drive lanjutkan dengan mengklik tombol baru yang biasanya terletak di bagian layar sebelah kiri atas
- Lalu pilih yang menu opsi folder
- Sekarang lanjutkan dengan memberi nama folder. Sebagai contoh file skripsi, kemudian bisa juga foto-foto keluarga dan yang lainnya
- Terakhir tinggal klik menu buat
Dengan melakukan tahapan-tahapan di atas kamu sudah berhasil membuat sebuah folder di dalam Google Drive. Dan folder tersebut siap untuk kamu isi berbagai macam file-file sesuai kebutuhan.
Dalam hal ini kamu bisa memasukkan file-file skripsi kemudian bisa juga foto-foto atau bahkan PDF dan yang lainnya.
Cara Bikin Folder di Google Drive lewat Handphone
Nah selain bisa membuat folder di Google Drive lewat laptop dan komputer, Kamu juga bisa banget nih membuat folder di Google Drive lewat handphone. Bagi yang gak punya laptop bisa memanfaatkan handphonenya untuk membuat folder secara cepat.
Biasanya aplikasi Google Drive ini merupakan aplikasi bawaan dari Android. Sehingga kamu nggak perlu lagi nih repot-repot untuk mendownload aplikasinya secara mandiri. Cukup cari aplikasi tersebut dan gunakan fiturnya.
- Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan membuka aplikasi Google Drive yang sudah terpasang di dalam perangkat
- Kemudian kamu bisa mengklik menu tambahkan yang terletak di layar bawah sebelah kanan
- Pilih yang menu folder
- Langkah berikutnya adalah dengan memberikan nama folder tersebut sesuai keinginan
- Terakhir klik menu buat
- Selesai deh
Tips Cepat Mengunggah File ke Folder
Setelah selesai membuat folder, para pengguna bisa langsung memasukkan file-file ke dalam folder tersebut. Dan ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk mempercepat proses pengunggahan file ke dalam folder.
- Pastikan koneksi internet stabil
Tips yang pertama ialah dengan memastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan stabil. Hal ini karena aplikasi Google Drive merupakan aplikasi yang berbasis online.
Dan sangat tergantung pada kondisi koneksi internet yang kamu gunakan. Apabila koneksi Internetnya stabil maka proses pengunggahan file pasti bakalan jauh lebih cepat.
Oleh karena itu kamu bisa mengecek kecepatan internet yang kamu gunakan. Kalau merasa kecepatannya kurang, ya tinggal di-upgrade atau diganti saja ke versi yang lebih cepat
- Kecilkan ukuran file
Tips yang berikutnya ialah dengan mengecilkan ukuran file. Tau nggak sih bahwa ukuran file juga menjadi salah satu faktor penentu cepat tidaknya proses pengubahan file?
Nah semakin besar ukuran file yang bakalan kamu unggah, biasanya akan membuat prosesnya juga lebih lama. Itulah kenapa Kami menyarankan kamu untuk mengecilkan ukuran file.
Nggak perlu bingung lagi, karena sudah banyak sekali layanan-layanan untuk mengkompres file supaya ukurannya lebih kecil.
Dan banyak banget layanan-layanan yang ditawarkan secara gratis. Kamu bisa gunakan layanan-layanan tersebut untuk memperkecil ukuran file yang pengen diunggah.
Demikian ulasan kali ini seputar Bagaimana cara bikin folder di Google Drive yang perlu kamu coba, semoga membantu.