Cara Bikin Absensi Harian dengan Mudah

  • Anita Apprilia
  • Sep 20, 2024
Cara Bikin Absensi Harian dengan Mudah

Cara Bikin Absensi Harian dengan Mudah – Membuat absen sehari-hari merupakan hal yang penting bagi perusahaan kemudian sekolah ataupun organisasi-organisasi tertentu. Karena keberadaan absensi tersebut bertujuan untuk melacak kehadiran tiap individu setiap harinya.

Untuk saat ini, anda bisa membuat absensi harian dengan cukup mudah. Karena sudah tersedia banyak sekali alat ataupun aplikasi-aplikasi tertentu yang dirancang secara khusus untuk membuat absensi harian.

Dalam hal ini anda bisa membuatnya secara manual ataupun secara otomatis. Bagi Anda yang penasaran bisa langsung saja simak ulasan berikut terkait dengan Bagaimana cara bikin absensi harian dengan mudah.

Mengapa Membuat Absensi Harian?

Kalau kita perhatikan keberadaan absensi harian ini memang tergolong sangat penting. Pasalnya dengan adanya absen tersebut tentu akan ada catatan yang sangat akurat terkait dengan kehadiran seseorang.

Baik itu kehadiran seseorang di sekolah kemudian di acara-acara tertentu di tempat kerja ataupun yang lainnya. Umumnya terdapat beberapa alasan kenapa sih harus membuat absensi harian. Untuk alasan yang pertama karena ingin melakukan monitoring kehadiran.

Jika kita perhatikan absensi harian memang akan sangat membantu pihak yang berwenang untuk melakukan pemantauan kehadiran secara tepat dan akurat. Alasan yang berikutnya adalah untuk melakukan evaluasi kinerja.

Kehadiran yang baik tentu bisa menjadi salah satu indikator seseorang mempunyai kinerja yang baik pula, terlebih lagi di tempat kerja. Bahkan tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan tertentu yang memberikan reward kepada para karyawan mereka yang punya absensi kehadiran yang baik.

Sementara alasan yang berikutnya adalah sebagai transparansi. Mempunyai pesan seharian tentu akan memastikan adanya transparansi dalam melaporkan kehadiran seseorang di dalam perusahaan ataupun di tempat kerja dan lingkungan yang lain.

Cara Membuat Absensi Harian Menggunakan Microsoft Excel

Membuat absensi harian sendiri bisa anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam layanan. Untuk cara pertama yang bakalan kita bahas adalah membuat absensi harian dengan menggunakan Microsoft Excel.

Microsoft Excel ini merupakan salah satu layanan dari Microsoft yang paling terkenal dan memang enak digunakan. Karena dengan bantuan aplikasi ini anda bisa membuat berbagai macam data dengan sangat mudah dan cepat.

Tidak terkecuali ketika akan membuat absensi harian. Supaya lebih jelas bisa langsung saja simak ulasan seputar Bagaimana cara bikin absensi harian dengan mudah menggunakan Microsoft Excel berikut ini.

1. Buat Kolom Utama

Untuk cara yang paling pertama adalah dengan membuat kolom utama. Kolom utama ini nantinya bisa anda isi dengan nama supaya mencatat siapa saja sih karyawan-karyawan ataupun nama peserta yang akan anda update setiap harinya.

Kemudian isi juga kolom bagian tanggal, yaitu tanggal setiap harinya Ketika anda ingin melakukan absensi harian. Kolam yang terakhir adalah status kehadiran. Untuk status kehadiran ini anda bisa menambahkan beberapa kolom yaitu hadir kemudian izin sampai dengan sakit ataupun absen.

2. Gunakan Format Tabel

Apabila sudah selesai menambahkan kolom maka anda dapat memformat data tersebut ke dalam bentuk tabel. Tujuannya adalah buat mempermudah pengisian data setiap harinya. Dalam hal ini anda dapat memilih data yang telah anda buat kemudian klik menu insert.

Langkah berikutnya adalah dengan mengklik menu table supaya membuat tampilan data tadi jadi jauh lebih terstruktur dan lebih rapi.

3. Tambahkan Fungsi Otomatis

Cara bikin absen si harian dengan mudah yang berikutnya adalah dengan menambahkan fungsi otomatis. Fungsi otomatis ini misalnya adalah untuk menghitung jumlah hari kehadiran seseorang. Kabar baiknya di dalam aplikasi Microsoft Excel memang ada banyak sekali rumus yang bisa anda gunakan.

Termasuk rumus untuk menghitung kehadiran seseorang. Anda dapat menggunakan formula =countif. Dengan demikian maka layanan tersebut akan secara otomatis melakukan penghitungan jumlah hadir seseorang tiap bulan.

4. Simpan dan  Perbarui Setiap Hari

Begitu selesai melakukan tahapan-tahapan di atas, maka cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyimpan serta memperbaruinya setiap hari.

Cara Membuat Absensi Harian Menggunakan Google Forms

Selain bisa membuat lewat  Microsoft Excel, Anda juga dapat membuat daftar kehadiran atau absensi dengan menggunakan layanan Google form. Google form sendiri merupakan salah satu layanan yang juga sangat menarik dan akan sangat mempermudah.

Bahkan layanan satu ini bisa diakses secara gratis kapanpun dan dimanapun. Hanya saja layanan Google ini merupakan layanan yang basisnya adalah internet atau online. Kalau anda ingin membuat absensi harian menggunakan aplikasi Google Chrome bisa ikuti tahapan berikut.

1. Buka Google Forms

Cara bikin absensi harian yang pertama kali adalah dengan mengunjungi situs Google formnya terlebih dahulu kemudian Anda dapat memilih yang opsi blank form.  Hal ini supaya pihak aplikasi akan membuat formulir yang baru..

2. Buat Pertanyaan Utama

Setelah itu Anda dapat menambahkan beberapa pertanyaan umum. Untuk pertanyaan yang pertama adalah nama. Yang mana anda dapat menggunakan tipe pertanyaan berupa short answer. Yang nantinya akan membuat para pengguna bisa memasukkan nama mereka di dalam kolom tersebut.

Kemudian lanjutkan dengan membuat tanggal, yaitu yang tipe date. Supaya aplikasi akan mencatat tanggal absensi setiap hari. Yang terakhir adalah status kehadiran. Sementara untuk bagian status kehadiran ini adalah yang tipe choice.

Nantinya akan ada beberapa pilihan yang bisa diisi oleh karyawan ataupun siswa dan yang lainnya. Adapun opsi tersebut adalah hadir kemudian izin sampai dengan sakit dan absen.

3. Kirim dan Bagikan Formulir

Apabila sudah selesai membuat formulir di atas maka anda tinggal mengklik saja menu send, kemudian bagikan link tersebut kepada orang-orang yang memang mesti mengisi absensi tersebut. Dalam hal ini jangan lupa untuk mengatur Supaya hasil Google formnya akan secara otomatis masuk ke dalam Google sheet.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda ketika akan melakukan pengelolaan data setiap harinya ya.

4. Analisis Data di Google Sheets

Nantinya setelah ada yang melakukan pengisian formulir Maka hasilnya bakalan bisa anda akses lewat spreadsheet Google sheets. Anda bisa langsung saja menganalisis data-data tersebut kemudian melakukan pemantauan kehadiran.

Cara Membuat Absensi Harian Menggunakan Aplikasi Khusus

Nah selain bisa membuat absensi harian dengan menggunakan Microsoft Excel dan juga Google form, Anda juga dapat membuatnya lewat aplikasi-aplikasi khusus. Dan sebenarnya penggunaan aplikasi khusus ini jauh lebih menarik daripada kedua layanan di atas.

Dan banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan aplikasi-aplikasi seperti itu. Adapun beberapa aplikasi yang bisa Anda coba adalah time clock plus dan juga jibble. Cara menggunakan masing-masing aplikasi tergolong gampang ya.

Anda bisa download aja aplikasinya langsung kemudian gunakan aplikasi tersebut dengan memahami maksud dari masing-masing fitur yang sudah ada di dalam aplikasi.

Oke itulah ulasan lengkap kali ini seputar Bagaimana sebenarnya cara bikin absensi harian yang mudah dan simpel yang harus anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post Terkait :